InternasionalLiputan

Pertemuran Di Yaman, Seluruh Staf PBB Selamat

BTN iklan

Jakarta/Lei- Di tengah laporan mengenai konflik bersenjata di jalan di Aden, seorang juru bicara PBB pada Senin (29/1) mengatakan bahwa meskipun ada keprihatinan mengenai bentrokan dan penutupan bandar udara, semua stafnya “selamat”.

“Kami sebelumnya prihatin mengenai situasi tersebut,” kata Farhan Haq, Wakil Juru Bicara Sekretaris Jenderal PBB, kepada PBB di Markas Besar PBB, sebagaimana dikutip Xinhua  yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa siang. “Kami telah menyeru semua pihak agar menghormati hukum hak asasi manusia dan hukum kemanusiaan internasional. Kami terus memantau situasi keamanan di Yaman termasuk di Aden, kota pelabuhan utama di Yaman, dan dampaknya pada situasi kemanusiaan.”

“Meskipun ada laporan mengenai bentrokan bersenjata di Aden, semua staf PBB selamat dan semuanya ada,” Haq mengatakan, “Bandar udara Aden telah ditutup. Kami menyeru semua pihak agar mengakhiri pertempuran dan terlibat dalam dialog konstruktif guna menyelesaikan masalah mereka.”

“Pelabuhan dimanfaatkan,” kata Haq. “Semua pelabuhan terus menerima lalu-lintas (pengiriman kemanusiaan). Tapi jumlah (bantuan) yang masuk hampir tidak mencukupi. Kami terus mendesak semua pihak agar mengizinkan akses yang lebih besar dan lebih berkelanjutan buat barang kemanusiaan.”

Perang saudara telah berkecamuk di Yaman sejak 2015, antara gerilyawan yang didukung Iran dan pasukan dukungan Arab Saudi yang mendukung Pemerintah Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi, yang diakui internasional dan mendirikan pemerintah di Aden setelah gerilyawan merebut Ibu Kota Yaman, Sana’a.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 + 19 =

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami