Internasional

Peselancar Digigit Hiu, Lomba Selancar Internasional di Australia Dibatalkan

BTN iklan

PERTH (LEI) – Ajang selancar kelas internasional, Margaret River Pro, di Perth, Australia, mendadak dibatalkan setelah seorang pria digigit oleh seekor ikan hiu. Pria yang diperkirakan berusia 30-an tahun itu dilarikan ke Rumah Sakit Royal Perth dengan cedera cukup parah pada kakinya.

Menurut otoritas Australia, insiden tersebut terjadi sekira pukul 09.00 waktu setempat. Korban digigit oleh seekor hiu saat berselancar di Gracetown. Pihak penyelenggara, Liga Surf Dunia (WSL), memutuskan menunda perlombaan meski tidak menerangkan apakah korban adalah salah satu peserta atau bukan.

“Kami sudah diberi tahu mengenai insiden hiu yang terjadi dekat Gracetown. Perlombaan ditunda selama kami bekerja sama dengan otoritas,” cuit WSL lewat akun Twitter, mengutip dari The Guardian, Senin (16/4/2018).

“Keselamatan para peselancar dan staf adalah prioritas utama kami. Protokol mitigasi sudah dilakukan dan akan ditingkatkan saat kompetisi dilanjutkan,” imbuh kicauan tersebut.

Juru foto Peter Jovic mengatakan, pria itu dengan susah payah berenang mencapai pinggir pantai usai dihempaskan seekor hiu dari papan yang dinaikinya. Ia mengaku sulit untuk melihat apa yang terjadi.

“Seekor hiu muncul dan menghempaskan seorang peselancar dari papannya. Sangat sulit untuk melihat apa yang sesungguhnya terjadi. Pria itu berhasil mencapai pantai dengan bantuan ombak,” urai Peter Jovic.

Rekan-rekan korban menggunakan tali dari papan selancarnya untuk menghentikan pendarahan serta memberikan pertolongan pertama hingga tim medis tiba di lokasi. Pria yang namanya tidak diketahui itu kemudian diterbangkan dengan helikopter ambulans ke Rumah Sakit Royal Perth yang berada 256 kilometer (km) dari lokasi kejadian.

Departemen Perikanan Australia mengirim sejumlah petugas ke Gracetown guna menyelidiki insiden tersebut. Setelah tercapai kesepakatan dengan pemerintah negara bagian, petugas diizinkan untuk membunuh hiu itu karena dinilai membahyakan hidup manusia. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close