EkonomiLiputan

Petani Sukabumi Mulai Panen Raya Padi

BTN iklan

Sukabumi, 20/1 (Antara) – Petani di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mulai melaksanakan panen raya seperti yang dilakukan di Kampung Kawungluwuk yang dihadiri langsung Bupati Sukabumi dan Kepala Badan Karantina Pertanian RI.

“Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu daerah penghasil beras dan diharapkan dengan mulainya panen raya ini pasokan dan harga besar di pasar kembali normal,” kata Bupati Sukabumi Marwan Hamami di Sukabumi, Sabtu.

Menurutnya, adapun luas lahan sawah yang melaksanakan penen raya di Desa Caringin, Kecamatan Gegerbitung ini mencapai 20 hektare milik kelompok petani atau poktan.

Orang nomor satu di Kabupaten Sukabumi tersebut juga mendukung program ppaya khusus padi jagung kedele (Upsus Pajale) yang merupakan bentuk dukungan terhadap petani.

Dukungan tersebut berupa progam asuransi petani, juga pembiayaan, termasuk pembiayaan perbankkan. Dengan banyak progam yang dibutuhkan petani, sehingga bisa menambah kesejahteraannya.

“Berbagai progam kami buat dan yang terbaru adalah upaya menggalang zakat pertanian yang dapat dimanfaatkan oleh para petani,” tambahnya.

Sementara, Kepala Badan Karantina Pertanian RI Banun Harpini pihaknya mengepresiasi petani Sukabumi yang mampu mendongkrak produksi padi. Bahkan Kabupaten Sukabumi saat ini masih memiliki luas lahan pertanian mencapai 65 ribu hektare. Feru Lantara

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami