Internasional

Pilih Tidur, Duterte Lewatkan Beberapa Pertemuan KTT ASEAN di Singapura

BTN iklan

SINGAPURA (LEI) – Presiden Filipina, Rodrigo Duterte dikenal sebagai pemimpin yang memiliki jadwal yang sangat padat dan gemar tidur siang untuk menjaga stamina, atau yang oleh kantor kepresidenan disebut dengan nama ‘power nap’. Kebiasaan itu kembali dilakukan Duterte pada KTT ASEAN ke-33 di Singapura, membuatnya melewatkan beberapa pertemuan yang dijadwalkan dihadiri.

Juru bicara kantor kepresidenan Filipina mengatakan, Duterte melewatkan empat dari 11 pertemuan yang dijadwalkan dihadirinya pada Rabu untuk mengisi kebutuhan tidurnya. Salah satu pertemuan tersebut adalah acara makan malam bersama kepala negara lainnya yang digelar oleh Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong selaku tuan rumah.

Duterte sendiri membela keputusannya untuk melakukan tidur siang dan mengatakan : “Apa ada yang salah dengan tidur siang saya?”

Dia juga mengatakan bahwa tidur siangnya tidak memberinya cukup istirahat, tetapi cukup untuk membantunya bertahan melalui kegiatan hari itu.

Ini bukan pertama kalinya Duterte melewatkan acara di KTT internasional dan domestik. Kondisi kesehatan presiden berusia 73 tahun itu telah menjadi spekulasi selama dia memerintah, bahkan bulan lalu Duterte mengatakan bahwa dia khawatir dirinya menderita kanker.

Menurut Juru Bicara Salvador Panelo, Duterte “bekerja hingga larut malam dan hanya tidur selama kurang dari tiga jam”. Panelo juga mengklarifikasi bahwa saat ini tidak ada masalah dengan kesehatan sang presiden.

“Jadwal kerja yang presiden yang ketat adalah bukti bahwa dia dalam kondisi fisik prima,” kata Panelo sebagaimana dilansir BBC, Kamis (15/11/2018).

Selain Duterte, Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in juga tertangkap kamera sedang memejamkan mata dan tertidur selama KTT. Jurnalis Washington Post, Josh Rogin melaporkan bahwa Moon tertidur saat menunggu kedatangan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence untuk melakukan pertemuan.

KTT ASEAN ke-33 di Singapura yang berlangsung dari 13 sampai 15 November dihadiri para pemimpin negara-negara ASEAN, termasuk Presiden Joko Widodo. KTT ini juga dihadiri oleh para pemimpin dunia dari negara-negara mitra ASEAN termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin, Perdana Menteri China, Li Keqiang, Perdana Menteri Australia, Scott Morrison dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Related Articles

Close