OpiniPolitik

Pilihan Jokowi untuk Kursi Menteri Kabinet Barunya

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Wakil Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang menilai, Jokowi kini sudah dapat fokus menyeleksi para calon menteri anggota kabinet periode 2019-2024 yang profesional dan memiliki integritas tinggi.

“Kami berharap ketika presiden mengumumkan kabinet baru, direspons positif oleh pasar. Untuk itu diperlukan figur menteri yang memiliki kompetensi di bidangnya, memiliki track record yang baik, mampu bekerja sama dan berkoordinasi untuk menghindari ego sektoral, serta leadership yang teruji,” ujar Sarman di Jakarta, Senin (15/7).

Sarman meyakini, kriteria para menteri yang diharapakan Jokowi adalah sosok yang mampu cepat mengeksekusi program dan memiliki manajerial yang baik.

“Kami mengusulkan kepada presiden untuk mempertimbangkan agar anggota kabinet yang mengisi tim ekonomi murni profesional, sehingga terhindar dari kepentingan politik,” ucapnya.

Jabatan menteri yang dimaksud Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Provinsi DKI Jakarta ini mulai dari menko perekonomian, menkeu, menteri perdagangan, menteri perindustrian, BKPM, menteri kelautan dan perikanan, menteri pertanian, menaker, BUMN, serta menteri energi dan sumberdaya alam.

“Dengan kabinet ekonomi yang solid diharapkan mampu membuat kebijakan yang pro bisnis dan pro dunia usaha yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi berkualitas dan penyediaan lapangan kerja bagi masyarakat,” pungkas Sarman.

Relawan Teman Jokowi Sodorkan Nama Menteri

Relawan Teman Jokowi menilai Adian Napitupulu dan Sakti Wahyu Trenggono cukup layak menjadi menteri di kabinet Jokowi – Ma’ruf Amin.

Nama keduanya cukup menonjol dalam pembahasan internal ‘Teman Jokowi’. Adian merupakan aktivis 98 yang intens mendukung Jokowi di panggung – panggung perdebatan Pilpres 2019. Perjuangan politikus PDIP itu dalam membela kepentingan rakyat juga sudah teruji mulai dari parlemen jalanan hingga parlemen sesungguhnya di Senayan.

Sementara Trenggono, menjabat sebagai Bendahara Umum dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi – Amin. Pengusaha sukses yang membangun kerajaan bisnisnya dari nol ini, sudah mendukung Jokowi sejak Pilpres 2014 lalu.

Ketua Umum ‘Teman Jokowi’ Andre Opa Sumual menilai, kesamaan keduanya ada di loyalitas dan perjuangan sepenuh hati memenangkan Jokowi sejak Pilpres 2014 lalu.

Sosok yang tepat membantu Jokowi nantinya tak cukup hanya karena berjuang habis-habisan memenangkan Jokowi-Amin, tetapi juga harus memiliki kemampuan yang mumpuni dalam memimpin organisasi dan cepat mengambil keputusan menghadapi permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Kemampuan-kemampuan tersebut diyakini ada pada Adian dan Trenggono.

“Kami kira, layak tidaknya seseorang menjadi pembantu presiden bergantung pada kemampuan berpikir, bertindak, mengambil keputusan, loyalitas serta riwayat perjuangan,” ujarnya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

3 Komentar

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami