HEADLINESLiputanNasionalPKPUPolitik

Pilkada 2018 – KPU: Pemilih Pemula Harus Cerdas Dalam Memilih

BTN iklan

Jayapura, 27/2 (Antara) – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Musa Y Sombuk menyatakan bahwa para pemilih pemula harus cerdas dalam memilih dan menentukan sikap politik dalam Pilkada 2018 maupun Pemilu 2019.

“Adik-adik harus menyikapi suasana pemilu dengan jeli dan tidak terpengaruh dengan suasana politik yang sering kali memanfaatkan,” kata Musa Sombuk dalam lokakarya sehari tentang partisipasi pemilih pemula dalam pemilu di aula SMK YPK Diaspora, Kota Jayapura, Selasa.

Musa Sombuk hadir bersama dua pemateri lainnya yakni Ketua AJI Jayapura Lucky Ireeuw dan Kasat Binmas Polres Jayapura Kota AKP Jhonny Anakotta dalam lokakarya yang digelar oleh Indonesian Journalist Network (IJN) Papua dan Papua Barat.

Dia mengatakan siswa yang akan menjadi pemilih pemula dalam pemilu nanti harus berfikir cerdas dan tak perlu terpengaruh dengan suasana politik yang penuh dengan gembar gembor menjelang hari H pelaksanaan pemilu.

“Bersikap kritis dan cerdas dengan tidak asal tentukan pilihan,” katanya.

Menurut dia, pemilih pemula merupakan generasi yang paling mempengaruhi kiprah partai politik dan memiliki dampak yang sangat besar.

“Tapi partisipasi para pemilih pemula masih tergolong rendah sekitar 20 hingga 35 persen, sementara porsi mereka sebesar 70 persen,” katanya.

Musa mengatakan bahwa dampak dari jumlah pemilih pemula terhitung sangat besar, sehingga hak pilih mereka seharusnya dipergunakan atau tersalur dengan baik tanpa ada kepentingan, sehingga diperlukan sosialisasi untuk memberikan pemahaman yang baik dan benar terkait pemilu.

“Saya juga berterima kasih kepada IJN yang telah menggelar kegiatan ini dan membantu mensosialisasikan pemahaman Pemilu,” katanya.

Sementara itu, Ketua IJN Papua dan Papua Barat RI Vanwi Subiyat mengatakan tujuan digelarnya kegiatan merupakan bagian dari merupakan tanggung jawab moral untuk menyukseskan pesta demokrasi di Indonesia, khususnya di Papua.

“Ini di lakukan karena ingin mendorong para pemilih pemula, menjadi pemilih yang cerdas dalam menggunakan hak pilihnya untuk pertama kali. Ini gebrakannya bahwa mereka terlibat dan mau menggunakan hak suaranya sehingga demokrasi itu ada, sehingga ini akan membentuk karakter Indonesia kedepan,” katanya.

Kontributor salah satu media cetak dan online nasional itu berharap, dengan adanya kegiatan tersebut dapat meningkatkan kesadaran para pemilih pemula untuk bisa menggunakan hak pilihnya.

“Karena pemilih pemula adalah generasi muda yang akan menentukan nasib Indonesia kedepannya, sehingga mereka ini perlu diberikan penguatan dan pemahaman tentang pemilu,” katanya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close