BTN ads
Internasional

Polisi yang Tangkap Penabrak Pejalan Kaki di Toronto Tuai Pujian

TORONTO (LEI) – Seorang personel Kepolisian Toronto dipuji setinggi langit karena menolak untuk menembak pelaku penabrakan pejalan kaki yang menewaskan 10 orang. Pelaku, Alek Minassian, meminta untuk ditembak tetapi petugas polisi itu justru memilih untuk menangkapnya.

Tindakan sang polisi dipuji karena menjadi contoh bagaimana seharusnya seorang aparat penegak hukum bergerak cepat mengamankan situasi, alih-alih sekadar melumpuhkan pelaku. Ketika pelaku memintanya untuk menembak, polisi itu dengan berani menyuruhnya untuk menunduk di tanah.

“Saya punya senjata di kantong,” ujar pelaku tersebut, mengutip dari Reuters, Selasa (24/4/2018).

“Saya tidak peduli. Menunduk!” ucap polisi yang namanya dirahasiakan tersebut.

Purnawirawan Kepolisian Royal Canada, Gary Clement, menduga pelaku sengaja ingin ditembak mati oleh polisi. Ia yakin juniornya itu adalah seorang polisi yang sangat berpengalaman serta sangat dewasa dalam mengambil keputusan penting di saat genting.

“Saya bisa mengatakan pelaku berhadapan dengan petugas polisi yang tepat. Tidak ada yang tahu bagaimana mereka akan bereaksi. Dalam situasi ini, otak lebih berperan. Orang ini bertindak dengan perilaku yang dewasa,” puji Gary Clement.

Kepala Kepolisian Toronto, Mark Saunders, turut mengucapkan pujian bagi anak buahnya. Tindakan sang polisi disebutnya sebagai hasil dari latihan berkualitas yang dijalani oleh setiap personel tanpa terkecuali.

“Mereka diajarkan untuk menggunakan kekuatan seminimal mungkin dalam situasi apa pun,” tukas Saunders.

Mobil Tabrak Pejalan Kaki di Kanada

Sebagaimana diberitakan, Alek Minassian sengaja menabrakkan mobil berjenis van ke arah kerumuman orang pada Senin 23 April siang waktu setempat. Aksi pria berusia 25 tahun itu menewaskan 10 orang dan melukai 15 lainnya di sepanjang trotoar yang dipenuhi pejalan kaki.

Perdana Menteri (PM) Kanada, Justin Trudeau, menyebut insiden tersebut sebagai serangan paling tragis dan tidak berperikemanusiaan yang pernah terjadi di negaranya. Ia mengimbau agar warganya saling menjaga sehingga dapat merasa aman apabila berjalan di kota dan komunitas sekitar. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close