EntertainmentNasional

Prabowo tanam Singkong besar besaran dalam proyek Lumbung Pangan Indonesia

BTN iklan

LEI, Jakarta- Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengerahkan para prajurit TNI untuk menanam singkong secara besar-besaran dalam proyek food estate atau lumbung pangan Indonesia. Lokasi lumbung pangan ini ada di beberapa provinsi di Indonesia. Dilansir Antara, Senin (28/9/2020), Prabowo menargetkan kapasitas lahan singkong sebanyak 1,4 juta hektare di Indonesia hingga akhir 2025 mendatang. Prabowo memang mendapat tugas dari Presiden Jokowi untuk memberikan dukungan dalam pelaksanaan proyek ini. Menurut Prabowo, singkong dapat menghasilkan tepung tapioka yang bisa menjadi bahan utama kebutuhan pangan.
Mengutip Medical News Today, singkong merupakan salah satu sumber karbohidrat yang memiliki banyak manfaat. Namun, cara pengolahannya juga harus diperhatikan. Sebab, jika salah mengolah, kandungan sianida pada singkong bisa menyebabkan keracunan. Singkong adalah makanan pokok bagi sebagian penduduk dunia, terutama yang tinggal di wilayah tropis seperti Amerika Selatan, Afrika, dan Asia. Selain dapat diolah menjadi berbagai makanan dan tepung tapioka, singkong juga dapat digunakan untuk membuat produk-produk lainnya seperti roti bebas gluten, obat-obatan hingga material bangunan. Singkong dikenal dengan kalori dan nutrisinya yang beraneka ragam, yaitu meliputi: Karbohidrat Protein Serat Mineral, termasuk kalium, magnesium, fosfor, dan kalsium Vitamin (vitamin C dan vitamin A) Air

Dilansir Healthline, untuk memperoleh manfaat dan menghindari kemungkinan keracunan, pengolahan singkong harus dilakukan dengan benar. Meski proses pengolahan dapat mengurangi nutrisi yang terkandung di dalam singkong, langkah tersebut tetap harus dilakukan untuk menghilangkan zat sianida di dalamnya. Sebelum dikonsumsi, kulit singkong harus dikupas terlebih dahulu, kemudian direndam bagian batangnya yang berwarna putih di dalam air bersih selama 48-60 jam. Setelah itu, Anda dapat memasak singkong hingga matang dengan sempurna. Goreng, rebus, atau kukus minimal 25 menit untuk mencegah keracunan sianida akibat konsumsi singkong yang masih mentah atau kurang matang.

 

Kontributor: Dwitya Yonathan Nugraharditama

 

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami