HEADLINESInternasionalLiputan

Prancis Desak Iran “Tekan” Suriah Mengenai Kondisi di Ghouta

BTN iklan

PARIS, (LEI) – Prancis, 5/3 (Antara/Xinhua-OANA) – Presiden Prancis Emmanuel Macron pada Ahad (4/3) mendesak Iran agar “melakukan tekanan” atas Pemerintah Suriah agar menghentikan aksi militer di daerah kantung yang dikuasai gerilyawan, Ghouta Timur.

Macron mengeluarkan pernyataannya selama percakapan telepon dengan timpalannya dari Iran Hassan Rouhani, demikian antara lain isi pernyataan yang disiarkan oleh kantor presiden Prancis.

Macron, sebagaimana dilaporkan Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Senin pagi, mengatakan Prancis mengharapkan “sumbangan konstruktif dari Iran guna menurunkan ketegangan regional di Timur Tengah”, kata pernyataan tersebut.

Pada Ahad, pasukan militer Suriah menyerang daerah yang dikuasai gerilyawan di pinggir Damaskus, Ghouta Timur.

Operasi militer Pemerintah Suriah di Ghouta Timur itu dilancarkan sebagai reaksi atas tembakan penembak gelap dan serangan mortir gerilyawan terhadap daerah sipil di Ibu Kota Suriah, Damaskus, dan pinggirannya, kata Pemerintah Suriah di dalam pernyataan tersebut.

Pernyataan itu juga mengatakan persiapan sedang dilakukan bagi pengiriman bantuan makanan buat warga sipil di Ghouta Timur. Stasiun televisi nasional Suriah pada Ahad mengatakan gerilyawan di daerah Ghouta Timur “mulai ambruk”.

Pada Jumat (2/3) pasukan militer Suriah menjatuhkan selebaran di Ghouta Timur, untuk mendesak warga sipil agar pergi dan gerilyawan bersenjata agar meletakkan senjata mereka.

Menurut rekaman yang disiarkan oleh militer Suriah, pesawat militer menjatuhkan brosur di daerah kantung Ghouta Timur di pinggir timur Damaskus.

Sebagian selebaran tersebut meliputi peta kecil yang memperlihatkan jalan ke luar yang aman dari Ghouta Timur dengan instruksi mengenai cara warga pergi, sementara mendesak gerilyawan sebnjata agar meletakkan senjata mereka untuk mendapatkan pengampunan buat mereka yang menyerahkan diri.

Semua itu dilakukan saat jeda kemanusiaan yang didukung Rusia di Ghouta Timur berlanjut pada hari keempat tanpa mencapai sasaran yang dimaksudkan -pengungsian warga sipil dari wilayah tersebut. [antara]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen + five =

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami