Olahraga

Prediksi Persipura Vs PSM: Berburu 3 Poin Demi Puncak Klasemen

BTN iklan

JAYAPURA, (LEI) – Persipura Jayapura dan PSM Makassar sama-sama memburu tiga poin saat keduanya bertemu pada pekan ke-12 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak di Stadion Mandala, Jayapura, Senin (4/6/2018).

Sampai pekan ke-11, PSM yang bertengger di peringkat kedua, sudah meraup 20 poin atau unggul dua poin dari Persipura.

Pemenang duel Persipura vs PSM dipastikan mengusur Barito Putera (poin 20) yang akan dijamu PS Tira beberapa jam kemudian di Bantul.

Di kubu Persipura, pelatih Peter Butler bersikap normatif dalam menyikapi peluang timnya. Menurut Butler, musim ini Persipura sedikit berbeda dibandingkan musim lalu.

Selain ditinggal sejumlah pemainnya ke klub lain seperti Persebaya Surabaya, persiapan jelang Liga 1 2018 terbilang singkat.

“Yang hampir sama adalah Persipura tetap bertahan di papan atas. Itu karena seluruh elemen tim berjuang keras dan memiliki tekad yang sama,” ujar Butler.

Maka dari itu, Butler menegaskan skuatnya tidak merasa terbebani rekor selalu menang di Stadion Mandala musim ini. Masalah recovery pemain yang minim setelah melakoni tur beruntun di markas Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya, bukan jadi kendala utama.

“Kedalaman skuat Persipura memang tidak sebaik PSM. Tapi, Persipura memiliki pemain senior bisa membimbing yuniornya di lapangan,” jelas Butler.

Butler pun berharap sang kapten, Boaz Solossa, bisa tampil pada pertandingan besok. Mantan striker Timnas Indonesia itu masih terkendala cedera ringan. “Saya butuh peran Boaz di lapangan,” lanjut mantan pelatih Persiba Balikpapan ini.

Sementara itu, sang tamu, PSM, datang ke Jayapura tanpa dua pemain asing, Marc Klok (gelandang/Belanda) dan Bruce Djite (striker/Australia). Tanpa keduanya, secara umum, kekuatan PSM tidak terlalu banyak tergerus.

Sebagai pengganti peran Klok misalnya. Pelatih Robert Alberts memiliki Rasyid Bakri dan M. Arfan yang piawai bermain sebagai gelandang jangkar. Robert pun bisa memainkan Hasim Kipuw di lini tengah.

Sedangkan absennya Djite, tidak berpengaruh banyak karena striker berpaspor Australia ini memang lebih banyak absen karena cedera otot betis. Di posisinya ada Ferdinand Sinaga dan Guy Junior. Sementara di posisi sayap ada Zulham Zamrun, Saldi, dan M. Rahmat.

Dibandingkan Persipura, PSM memang lebih beruntung memiliki kedalaman skuat yang baik. Kondisi inilah yang membuat Robert tetap optimistis Juku Eja bisa membawa pulang tiga poin ke Makassar.

“Kami datang ke Jayapura untuk menang. Itu yang sudah saya tekankan ke seluruh pemain,” tegas Robert.

Hal senada dikatakan Wiljan Pluim, gelandang asal Belanda. “PSM akan tampil aktraktif untuk menghibur penonton di Stadion Mandala. Persipura dan PSM memiliki level yang sama. Tapi, kami akan pulang ke Makassar dengan kemenangan,” timpal Pluim.

Prakiraan Susunan Pemain

Persipura Jayapura (4-3-3):Dede Sulaiman (kiper); Yustinus Pae, Yohanis Tjoe, Ricardo Salampessy, Boas Artururi (belakang); Ian Louis Kabes, Imanuel Wanggai, Muhammad Tahir (tengah); Hilton Moreira, Boaz Solossa, Prisca Womsiwor (depan)

Pelatih: Peter Butler

PSM Makassar (4-3-3): Rivki Mokodompit (kiper); Hasim Kipuw, Abdul Rahman, Steven Paulle, Fauzan Jamal (belakang); Rizky Pellu, Wiljan Pluim, M.Arfan (tengah); Guy Junior, Ferdinand Sinaga, Saldi (depan)

Pelatih: Robert Alberts

[Bola.com]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close