BTN iklan
Politik

Presiden akan Tandatangani Sejumlah MoU di Korsel

PresidenJakarta, LEI/Antara – Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan untuk menandatangani sejumlah nota kesepahaman (MoU) dalam kunjungan kenegaraannya ke Korea Selatan pada 15-18 Mei 2-16.

“Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Seoul, Korea Selatan yang dimulai pada Minggu (15/50) memenuhi undangan Presiden Park Geun-hye,” ujar Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Taiyoung Cho di Jakarta, Rabu.

Menurut Dubes Taiyoung, sejumlah nota kesepahaman tersebut mencakup beberapa sektor diantaranya di bidang lingkungan hidup, industri kreatif, kehutanan, pengolahan lahan gambut, perdagangan dan lainnya. Taiyoung juga menambahkan akan ada pengukuhan kesepahaman di bidang pabrik baja dan kimia dalam rangkaian kunjungan yang direncakan akan berlangsung selama tiga hari tersebut.

Korea Selatan sendiri merupakan investor ke-lima terbesar Indonesia dengan jumlah investasi sebesar 1,2 miliar dolar AS pada 2015, sedangkan puncak perdagangan kedua negara mencapai 30 miliar dolar AS pada 2011.

Presiden Jokowi juga dijadwalkan untuk melakukan pertemuan bisnis antara lain pertemuan bisnis “one on one” dan “Luncheon Roundtable Discussion” bersama 20 pengusaha terbesar Korea Selatan.

Selain itu, presiden akan memberikan pidato pada “Asian Leadership Conference” yang merupakan forum diskusi besar di Korsel yang mengangkat tema kepemimpinan dan inovasi.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan bahwa Korea Selatan merupakan salah satu mitra utama Indonesia di bidang perdagangan, investasi dan juga pariwisata dan Korea Selatan akan dijadikan mitra Indonesia untuk akselerasi industrialisasi saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta pada Selasa petang.

Selain ke Korsel, Jokowi juga akan melakukan kunjungan kerja ke Rusia untuk menghadiri KTT ASEAN-Rusia di Sochi pada 18-20 Mei 2016.

Kemudian pada Rabu (18/5), Presiden akan bertolak ke Sochi, Rusia menghadiri KTT ASEAN-Rusia dan melakukan sejumlah pertemuan bilateral dengan beberapa mitra.

Presiden Jokowi pernah melakukan kunjungan kerja ke Busan, Korsel pada penghujung 2014 dan melakukan kunjungan ke sejumlah kawasan industri, salah satunya industri perkapalan.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close