Internasional

PRESIDEN LEBANON MINTA SAUDI JELASKAN MENGAPA HARIRI BELUM PULANG

BTN iklan

Beirut,(Lei) – Presiden Lebanon Michel Aoun pada Sabtu mengontak Arab Saudi untuk meminta penjelasan soal mengapa Perdana Menteri Lebanon Saad al-Hariri tidak dapat meninggalkan kerajaan itu dan kembali ke tanah air.

Seorang pejabat tinggi Lebanon mengungkapkan bahwa Presiden Aoun mengatakan di depan sejumlah duta besar negara-negara asing bahwa Hariri, yang tiba-tiba mengundurkan diri ketika ia sedang berada di Arab Saudi satu pekan lalu, telah “diculik” dan seharusnya mendapatkan kekebalan hukum sebagai perdana menteri.

“Lebanon tidak bisa menerima bahwa perdana menteri (kita) berada dalam situasi yang bertentangan dengan perjanjian internasional,” kata Aoun dalam pernyataan.

Pernyataan mundur oleh Hariri, yang bahkan mengejutkan para pembantu terdekatnya, membawa Lebanon jatuh ke dalam krisis.

Pengunduran dirinya itu telah menyeret negara itu kembali ke garis depan pertarungan kekuasaan antara Sunni Arab Saudi dan Syiah Iran. Persaingan itu telah menempa pergolakan di Suriah, Irak, Yaman dan Bahrain.

Aoun mengatakan bahwa apa pun yang telah dikatakan atau mungkin dikatakan Hariri “tidak mencerminkan kenyataan” karena ada misteri yang melingkari statusnya sejak ia secara mengejutkan mengumumkan pengunduran dirinya melalui siaran dari Arab Saudi.

Pihak berwenang Lebanon meyakini bahwa Riyadh menahan Hariri, kata dua pejabat tinggi pemerintah Lebanon, seorang politisi senior yang dekat dengan Hariri serta seorang sumber lainnya.

Presiden Prancis Emmanuel Macron, yang di luar jadwal melakukan lawatan ke Riyadh pekan ini, menelepon Aoun pada Sabtu untuk membahas krisis tersebut.

Pembicaraan antara kedua pemimpin itu dilakukan setelah seorang pejabat Prancis mengeluarkan pernyataan, yang menunjukkan Paris meyakini bahwa Hariri tidak dalam keadaan bebas.

Riyadh mengatakan Hariri bebas dan telah memutuskan untuk mengundurkan diri karena sekutu Lebanon Iran, Hisbullah, telah mengendalikan pemerintahan koalisinya.

Hariri belum mengeluarkan pernyataan lagi secara terbuka setelah ia mengumumkan mundur pekan lalu. Saat itu, ia mengatakan bahwa ia menakutkan rencana pembunuhan. Ia juga menuduh Iran bersama Hisbullah sedang menabur konflik di dunia Arab. (Antara/Reuters)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

3 Comments

  1. Hey there! I realize this is sort of off-topic however I had
    to ask. Does operating a well-established website such as yours
    take a lot of work? I am completely new to operating a blog but I do write in my journal everyday.
    I’d like to start a blog so I can easily share my
    own experience and views online. Please let me know if
    you have any kind of ideas or tips for brand new aspiring bloggers.
    Thankyou!

  2. Amazing blog! Is your theme custom made or
    did you download it from somewhere? A theme like yours with a few simple tweeks would really make my
    blog stand out. Please let me know where you got your
    design. Cheers

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami