Presiden Resmikan Wasior sebagai Bagian Tol Laut – Legal Era Indonesia
Internasional

Presiden Resmikan Wasior sebagai Bagian Tol Laut

jokowi dan tol laut
Bagikan ke:

jokowi dan tol lautTeluk Wondama, (LEI/Antara) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pelabuhan Wasior di Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat, sebagai bagian dari proyek tol laut di kawasan Indonesia Timur.

Presiden Jokowi tiba di Pelabuhan Wasior di Kabupaten Teluk Wondama, Selasa sekitar pukul 10.30 WIT disambut tarian injak piring oleh masyarakat setempat.

Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo kemudian mengendarai mobil menuju lokasi peresmian setelah mendarat dari Kota Manokwari menggunakan helikopter Super Puma TNI AU.

Presiden juga didampingi sejumlah pejabat di antaranya Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dan Gubernur Papua Barat Abraham Octavianus Attururi.

“Kenapa pelabuhan dibangun, airport juga dibangun di titik-titik terluar di negara kita ini, karena kita ingin mempersatukan seluruh kabupaten seluruh provinsi yang ada di negara kita Indonesia,” katanya.

Mantan Gubernur DKI itu menyempatkan diri menabuh tifa dengan telapak tangan dan menandatangani prasasti sebagai tanda peresmian Pelabuhan Wasior.

Setelah itu, Presiden Jokowi meninjau fasilitas Pelabuhan Laut Wasior.

Pelabuhan yang berada di Teluk Wondama, Papua Barat, itu dibangun untuk mendukung konektivitas sehingga dapat memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana transportasi masyarakat Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, guna menumbuhkan perekonomian dan menekan disparitas harga antar daerah.

Pelabuhan Wasior merupakan pelabuhan pengumpul dalam hierarki pelabuhan laut. Pembangunan fasilitas di pelabuhan Wasior meliputi dermaga seluas 174×10 meter persegi, Trestle I seluas 48×8 meter persegi, Trestle II seluas 47×8 meter persegi, Causeway I seluas 160×6 meter persegi, Causeway II seluas 127×8 meter persegi dan reklamasi 12.500 meter persegi.

Pelabuhan Wasior dapat disandari kapal hingga 3.500 DWT dengan faceline dermaga -10 mLWS.

Selain itu terdapat pembangunan fasilitas darat seperti kantor, terminal penumpang, pos jaga, rumah pompa, genset, gudang seluas 15×40 meter persegi, dan lapangan penumpukan seluas 10.000 meter persegi.

Pada kesempatan itu Presiden dan rombongan selanjutnya menuju Bandar Udara Margono, Kabupaten Teluk Wondama, dengan berkendara mobil, lalu lepas landas menggunakan helikopter Super Puma TNI AU menuju Bandara Rendani, Kabupaten Manokwari.

Di Manokwari, Presiden akan menyerahkan Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Berat (ASPDB), Kartu Asistensi Sosial Lanjut Usia (ASLUT), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Beras Sejahtera di Dermaga Angkatan Laut Biryosi, Kelurahan Sanggeng, Distrik Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari.Budi Suyanto

iklan btn

Click to comment

Komentar Anda...

To Top