BTN iklan
Liputan

Presiden Saksikan Pengucapan Sumpah Wakil Ketua MA

Jakarta-LEI, Presiden Joko Widodo akan menyaksikan pengucapan sumpah Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial HM Syarifuddin di Istana Negara Jakarta, Selasa.

Kepala Biro Hukum dan Humas MA Ridwan Mansyur di Jakarta, Selasa, mengatakan Wakil Ketua MA Syarifuddin akan mengucapkan sumpah di depan Presiden pada pukul 10.00 WIB.

Ridwan menilai Hakim Agung Syarifuddin layak menggantikan Wakil Ketua MA M Saleh yang akan pensiun karena memiliki pengalaman sebagai hakim dan memimpin di pengadilan lingkungan MA.

“Beliau (Syarifuddin) layak menduduki sebagai Wakil Ketua MA bidang Yudisial karena berpengalaman sebagai hakim dan juga memiliki pengalaman memimpin pengadilan negeri hingga sebagai Ketua Kamar Pengawasan,” kata Ridwan kepada Antara.

Ridwan juga menilai Syarifuddin juga dipercaya oleh sebagian besar hakim agung untuk menduduki jabatan wakil ketua MA setelah didukung sebagian besar hakim agung dalam pemilihan internal pada 14 April 2016..

“Pak Syarifuddin menang cukup telak, itu artinya dipercaya untuk menduduki jabatan tersebut,” katanya.

Mantan Ketua Kamar Pengawasan MA itu mendapatkan 28 suara unggul atas Hakim Agung Andi Samsan Nganro yang mendapat 18 suara dari 46 hakim agung yang hadir.

Dalam pemilihan tersebut, Syarifuddin menang pada pemungutan suara diputaran kedua, karena pada putaran pertama tidak mencapai 50 persen.

Pada putaran pertama, Syarifuddin memperoleh 19 suara, kemudian diikuti Andi Samsan Nganto 13 suara, lalu Suhadi 7 suara, Sultono 4 suara, Abdul Manan 1 suara dan Suwardi 1 suara. Dengan total 45 suara dari 46 hakim agung yang hadir, karena satu suara dinyatakan tidak sah.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close