Ekonomi

Produk UKM Indonesia Diminati Buyer London

BTN iklan

Jakarta, LEI – Buyer di London meminati prouduk UKM Indonesia dalam Weekend 2017 yang berlangsung 22-23 Juli kemarin di di London, Inggris. Acara tersebut merupakan ajang promosi wisata, kuliner, musik, fashion, dan seni budaya Indonesia.

Demikian pernyataan Deputi Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM, I Wayan Dipta, di Jakarta, Selasa (1/8). Menurutnya, acara tersebut diselenggarakan Komunitas Bangga Indonesia didukung KBRI London dan sejumlah kementerian dan pemerintah daerah.

Kementerian yang turut berpartisipasi dalam acara tersebut di antaranya Kemenkop dan UKM, Kementerian Pariwisata, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kemenkop dan UKM memfasilitasi 10 UKM Indonesia dari sektor fashion dan aksesoris.

Kesepuluh UKM tersebut antara lain M Joint Leather dari DI Yogyakarta, Gee Batik dari Yogyakarta, RBC dari Garut-Jawa Barat, Kravasia dari Jakarta, Trans Ritelindo dari Jakarta, Amin Sejati Perkasa Muda dari Jawa Timur, Putra Kurnia Jewellery dari Nusa Tenggara Barat (NTB), Batik Kartini dari Jakarta, MIRC dari Jakarta, dan Nailah Collection dari Tasikmalaya-Jawa Barat.

“Indonesia memiliki potensi sebagai salah satu pusat mode dunia. Saya berharap partisipasi UKM Indonesia dapat menembus pasar Inggris dan Eropa pada umumnya,” kata Wayan.

Data perdagangan menunjukkan bahwa ekspor fashion mengalami kenaikan sebesar 8,15% dengan nilai ekspor mencapai US$ 4,57 milyar. Hingga Mei 2016, nilai ekspor fashion Indonesia mencapai US$ 1,7 milyar dengan negara tujuan ekspor terutama USA, Jepang, Jerman, Korea Selatan, Inggris, Australia, Kanada, Uni Emirat Arab (UEA), Belgia, dan China.

Pembukaan Indonesia Weekend 2017 yang berlokasi di Potters Field Park yang merupakan area tujuan wisata favorit di London, menurut Wayan itu sangat membanggakan. Karena itu ia menyampaikan penghargaan atas upaya seluruh pihak yang telah bekerja keras mewujudkan acara untuk mempromosikan produk-produk UKM Indonesia di pasar Inggris dan Eropa itu.

Acara tersebut diharapkan tidak hanya menarik minat pengunjung, tapi berakhir transaksi pembelian beragam produk UKM Indonesia yang sangat menakjubkan namun juga bisa merespon permintaan buyer dan pasar Inggris secara spesifik.

Sementara Asisten Deputi Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, Herustiati menyatakan bahwa Kemenkop dan UKM sangat mendukung acara Indonesia Weekend 2017 karena berhasil dalam mempromosikan produk UKM Indonesia langsung kepada end users atau konsumen.

Pada kegiatan pre event Indonesia Weekend 2017 telah diadakan Business Networking yang diselenggarakan atas kerja sama KBRI London dan Kemenkop dan UKM. Melalui acara tersebut, para pengusaha UKM dari Kemenkop dan UKM berkesempatan dapat memamerkan produk-produknya dan dipertemukan dengan sejumlah buyer di London.

“Beberapa buyer retailer terkemuka yang diundang hadir pada acara dimaksud di antaranya adalah dari Primark, Marks and Spencer, dan lain sebagainya,” kata Wayan.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami