Hukum

Prof. Dr. Hj. Yulia Mirwati, SH., CN., MH., dalam Webinar Nasional HUT UUPA

BTN iklan

LEI, Jakarta- Prof. Dr. Hj. Yulia Mirwati, SH., CN., MH., dalam Webinar Nasional HUT UUPA keterkaitan tema dalam Harapan Masyarakat Hukum Adat untuk Keepastian Hukum Tanah Ulayatnya menyampaikan pendapat bahwa “Tujuan Lahirnya UUPA dimaksudkan untuk meletakkan dasar-dasar bagi penyusunan hukum agraria Nasional yang akan merupakan alat untuk membawakan kemakmuran, kebahagiaan dan keadilan bagi Negara dan rakyat, terutama rakyat tani, dalam rangka masyarakat yang adil dan makmur”. begitu tutur beliau.

 

Beliau juga menyatakan bahwa ” Meletakkan dasar-dasar untuk mengadakan kesatuan dan kesederhanaan dalam hukum pertanahan
dan meletakkan dasar-dasar untuk memberikan kepastian hukum mengenai hak-hak atas tanah bagi rakyat seluruhnya”.

Didalam Penyampaiannya Yulia menganalisis hak ulayat di bawa ke konsep Hak publik hanya punya kewenangan ttt tdk konsep kepemilikan. Bersifat publik mengatur ttk memiliki, Konsep privat yang Subjeknya masyarakat hukum adat belum diakui sebagai subjek hukum, karena scr hukum hanya dikenal persoon dan recht person.

Didalam Kontruksian pendaftaran tanah mengalami persoalan yang jelas bahwa masyarakat hukum adat jadikan subjek hukum ditambah dengan ulayat yang merupakan milik bersama saling bersinergi satu dengan yang lainnya sehinggaa terbentuknya pendaftaran khusus tidak bisa dipaksakan dengan PP24 Tahun 1997 terutama tidak ada didalam psal 9 PP tersebut.

Dalam kesimpulannya Yulia mengatakan Keberadaan Masyarakat hukum Adat dilalaikan oleh pemerintah akan tetapi belum adanya hak komunal yang diberikan dan aturan khusus yang mengatur Masyarakat adat.

 

Kontributor: Dwitya Yonathan Nugraharditama

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami