HEADLINES

Prof. Dr. Kholil Resmi Rektor Usahid 2019 -2023

BTN iklan

JAKARTA,  LEI, 1/8 – Prof. Dr. Kholil resmi dilantik oleh Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya, Nugroho Sukamdani, sebagai rektor Universitas Sahid Jakarta menggantikan Prof. Dr. Herdinsyah, dengan masa bakti 4 tahun dari 2019 – 2023.
Pelantikan yang dihadiri beberapa pejabat pemerintah seperti Deputi 7 BIN Sri Nugroho, dan Dirjen Sumber Daya IPTEK Kemenristekdikti, Prof. Ali Ghufron itu, Nugroho di Jakarta, Kamis mengatakan, tugas yang harus diemban rektor baru antara lain tiga hal yakni, meningkatkan sumber daya manusia di Universitas Sahid secara handal, meningkatkan postur keungan universitas dan terakhir membangun matrial, atau meningkatkan infrastruktur ke arah yang lebih maju.
Tiga hal itu penting, kata Nugroho karena dalam era persaingan kampus yang cukup ketat ini SDM, uang dan infrastruktur cukup berperan dalam memenangi persaingan global, termasuk meningkatkan akreditsi dari semua jurusan dan mempertahankan yang sudah bagus.
Pelantikan rektor ke 12 juga disertai penandatanganan naskah integritas, dan mendengarkan uraian singkat dari Ketua Pembinan Yayasan Kesejahteraan Pendidikan Sosial Sahid Jaya, Sarwo Budi Wiryanti Sukamdani. Dilantiknya Prof. Dr. Kholil ini, melalui proses rekruitmen panjang, karena Usahid didirikan oleh Prof. Dr. Sukamdani salah satu bagian meningkatkan mutu pendidikan, iman, taqwa dan amal saleh kepada Allah Swt dengan bingkai Negara Kesatuan Indonesia. Itulah yang harus dijaga agar radikalisme dan tindakan separatis lainnya seperti yang terjadi di Suriah, tidak terjadi di Indonesia, katanya.
Prof. Dr. Kholil memperoleh gelar S1 dari jurusan teknik Statistika dari IPB tahun 1988 dan dilanjutkan S3 dari kampus yang sama dengan konsentrasi penelitian Sistem Manajemen Lingkungan 2004. Guru Besar dibidang Teknik Lingkungan diperoleh pada tahun 2015 dari Kementerian Restekdikti RI.
Prestasi yang diperolih Prof. Kholil antara lain, sebagai peneliti terbaik di kota Depok, penghargaan dari Program Pascasarajana IPB memperoleh IP 4,0 dan Pendididikan Pratama dari Ketua Umum Yayasan Pendidikan Sahid Jaya 2007.

Perlu Ijasah Pendamping

Sementara itu, dosen Fakultas Hukum Usahid dua periode terakhir 2014 – 2017 Dr. Laksanto Utomo mengatakan, dengan dilantiknya Prof. Dr. Kholil sebagai rektror baru Usahid periode 2019-2023 diharapkan ada perbaikan yang nyata khususnya dalam peningkatan mutu SDM dan perluasan jaringan kelembagaan kampus.
Ia adalah orang lama yang meniti karir dari dosen, mempunyai integritas dan loyalitas yang tinggi kepada dunia pendidikan.
I  a mengatakan, tingkat persaingan sesama perguruan tinggi kian tinggi, oleh karenannya, saya yang juga lama mengabdi di Kampus ini ingin mendorong peningkatan kualitas mahasiswa melalui pendidikan tambahan.
Semua alumni mahasiswa Usahid hendaknya dibekali ilmu terapan sehingga setelah lulus mahasiwa mempunyai Surat Keterangan Pendamping Ijasah (SKPI) sebagaimana yang diwajibkan oleh Kementerian Menrestek RI.
SKPI ini bukan hal baru di dunia pendidikan Eropa, sudah berjalan lama. Semua mahasiswa yang lulus di sana dibekali ilmu dan ketrampilan. Namun kampus di Indonesia belum semua menjalankan aturan dari Kementerian Ristek itu. “Saya akan dorong rektor baru ini untuk melakukan kerjasama dengan lembaga-lembaga profesi agar alumninya dapat siap bekerja dan mempunyai keunggulan dibanding almuni perguruan tinggi swasta lainnya,” kata Laksanto Utomo.
***

Perlihatkan Lebih

9 Comments

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami