KesehatanLiputan

Program Imunisasi Difteri Harus Libatkan Kemendikbud

BTN iklan

Jakarta/Lei-  Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr Aman B Pulungan mengatakan program imunisasi difteri harus melibatkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar sekolah bisa melihat dan mengevaluasi jadwal imunisasi murid-muridnya.

Aman mengatakan orang tua seringkali tidak mencatat imunisasi yang sudah dilakukan terhadap anaknya. Di sisi lain, sekolah juga tidak terlalu memperhatikan imunisasi murid-muridnya.

Bila program imunisasi melibatkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Aman berharap sekolah bisa lebih memperhatikan imunisasi murid-muridnya sehingga anak-anak Indonesia bisa diimunisasi sesuai jadwal.

Aman mengatakan anak yang sudah mendapatkan imunisasi difteri secara lengkap seharusnya tidak tertular penyakit tersebut.

Aman mengatakan satu-satunya cara untuk mencegah penularan difteri adalah melalui imunisasi. Difteri sangat mudah menular melalui udara, yaitu lewat nafas atau batuk penderita.

Difteri adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri corynebacterium diphteriae dan dapat menyebabkan kematian terutama pada anak-anak.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami