Politik

Program Rumah DP 0 Rupiah Milik Anies-Sandi Cuma Mitos?

BTN iklan

JAKARTA, (LEI/RMOL) – Pilkada DKI Jakarta yang lalu masih menyisakan banyak adrenalin, banyak yang mengakui bahwa baru kali ini ada Pemilu Tingkat Daerah yang sanggup menggerakkan hati para penduduk di luar Jakarta. Namun sekarang saatnya kita melihat kembali apa yang ditawarkan oleh Cagub pemenang ini, benarkah rencana-rencananya akan terealisasi?

Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku tidak pernah menjanjikan program DP rumah nol persen. Menurutnya, masyarakat selama ini salah dalam memahami pemaparan mengenai program yang dia tawarkan.

“Bukan nol persen, tapi DP-nya nol rupiah, Makanya, itu si debitur harus mengumpulkan dana sekitar enam bulan untuk DP tersebut,” papar Anies melalui keterangan persnya, Jumat (17/2).

Program tersebut sempat menimbulkan perdebatan di tengah publik. Banyak yang menilai Anies bersama pasangannya Sandiaga Uno hanya menebar janji manis yang tak mungkin terealisasi.

Namun, bagi Anies program rumah DP nol rupiah tersebut sangat logis dan bisa direalisasikan di ibukota kelak.

“Insyaallah, sudah sesuai aturan. Dan solusi perumahan ini, akan menjangkau seluruh warga Jakarta,” pungkasnya.

Pada tanggal 22 April yang lalu pihak Antara melakukan wawancara kepada pihak BTN, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mengatakan tidak pernah memiliki program pemberian kredit pemilikan rumah dengan uang muka sebesar nol persen.

“Skema pembiayaan KPR sebesar nol persen setahu saya tidak pernah ada di perbankan. Jadi kita memang harus mengikuti Peraturan Bank Indonesia,” kata Direktur Consumer Banking Bank BTN Handayani di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut Handayani, pihaknya juga tidak pernah menawarkan kerja sama dengan pengembang dalam menjual rumah nonsubsidi kepada masyarakat.

“Selama ini kami ingin fasilitas yang kami berikan kepada nasabah sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ujarnya.

Dengan demikian, ia menjelaskan bahwa jika pemberian kredit diberikan sesuai dengan ketentuan, debitur memiliki kewajiban untuk menyelesaikannya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami