Internasional

Protes kebijakan Trump, wali kota London nonton bareng film Oscar

BTN iklan

London/lei  – Ribuan orang menerjang gerimis musim dingin London untuk pemutaran film nominasi Oscar yang menjadi titik kumpul bagi penentang kebijakan imigrasi Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Walikota London, Sadiq Khan, menjelaskan motivasi politiknya untuk menggelar pemutaran film The Salesman, yang sutradaranya memboikot gelaran Academy Awards di Hollywood.

“Presiden Trump tidak bisa membungkam saya,” kata Khan kepada kerumunan orang yang berkumpul di Trafalgar Square, dikutip dari Reuters.

“Kami di sini sebagai bentuk dukungan solidaritas untuk Asghar Farhadi, salah satu sutradara terbaik di dunia,” sambung dia.Farhadi, yang memenangkan Oscar pada 2012 untuk film “A Separation”, adalah kandidat favorit untuk memenangkan kategori film berbahasa asing terbaik di Oscar 2017, namun tidak datang dalam acara tersebut sebagai protes kepada Trump yang melarang orang dari tujuh negara mayoritas muslim memasuki Amerika Serikat.

Dalam pesan video dari Teheran, Farhadi mengucapkan terima kasih kepada “orang-orang dari London yang berkumpul di sore dingin,” dan mengatakan bahwa dia tersentuh dengan reaksi dari para pembuat film dan seniman atas “larangan perjalanan imigran yang menindas.”

Para sutradara dari empat film lainnya yang masuk dalam kategori film berbahasa asing terbaik Oscar 2017 — dari Swedia, Jerman, Denmark dan Australia — bergabung dengan Farhadi untuk mengeluarkan pernyataan bersama menjelang Oscar.

Mike Leigh, sutradara asal Inggris yang filmnya sering kali masuk Oscar, memuji Farhadi sebagai “master”-nya para pembuat film “yang membuat film tentang orang-orang dan isu-isu yang nyata.”

“Protes kami ini tentu saja terhadap sinis dan kebijakan memecah belah Donald Trump, terutama larangan perjalanan yang tidak bisa dimaafkan,” kata Leigh, di antara kerumunan London.

Keputusan Khan untuk menjadi tuan rumah pemutaran film tersebut membuatnya bertentangan dengan pemerintah Inggris yang menjalin hubungan dekat dengan Trump, terutama karena Inggris bersiap untuk meninggalkan Uni Eropa.

Pada pemilihannya sebagai walikota tahun lalu, Khan, seorang muslim yang merupakan salah satu tokoh yang paling menonjol di partai oposisi Labour Party, mengatakan bahwa Trump memiliki pandangan “bodoh” terhadap Islam.

Khan telah meminta pemerintah untuk membatalkan undangan Trump untuk melakukan kunjungan kenegaraan ke London.

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami