Nasional

Puncak Arus Balik Tol Jakarta Cikampek Diprediksi Mulai Jumat Malam

BTN iklan

JAKARTA, (LEI/Sindo) – Arus balik di ruas Jalan Tol Jakarta Cikampek menuju Jakarta di wilayah Bekasi terlihat padat merayap menyusul tingginya volume kendaraan yang mengarah ke wilayah Jabodetabek. PT Jasa Marga memprediksi puncak arus balik Lebaran terjadi mulai Jumat malam nanti hingga Sabtu 1 Juli 2017.

”Kemungkinan arus balik Lebaran 2017, kami prediksi terjadi pada Sabtu besok,” ujar Kepala Humas Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek Handoyono, Jumat (30/6). Menurut dia, puncak arus balik akan mulai terjadi Jumat malam hingga Minggu (2/7) malam.

Untuk itu, lanjut dia, puncak arus balik Lebaran kali ini diproyeksikan sebanyak 110.900 kendaraan yang melintasi Gerbang Tol Cikarang Utama di Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi. Sedangkan pada H+4, jumlah kendaraan arus balik diprediksi mencapai 105.900 unit.

Untuk mengantisipasi kemacetan saat arus balik, Jasa Marga sejak H+1 telah menyiapkan penambahan gardu di Gerbang Tol Cikarang Utama. Dari yang sebelumnya 21 gardu, akan ditambah menjadi 31 gardu.”Kondisinya ramai lancar, belum terlihat padat,” katanya.

Jasa Marga dan pihak kepolisian juga menyiapkan contraflow pada KM 69A-61A untuk mengurai kepadatan akibat pertemuan lalin dari Cileunyi dan Palimanan (KM 66). Contraflow juga akan diterapkan di Km 29A-21A untuk mengurangi antrean di Gerbang Tol Cikarang Utama.

Kepadatan arus lalu lintas dari arah Cikampek menuju Jakarta di jalan tol tersebut sudah terlihat sejak Km 66. Di titik itu terjadi pertemuan arus antara kendaraan dari jalan Tol Cipali dan kendaraan yang melintas dari arah Tol Cipularang.

Bahkan, kendaraan yang melintasi jalan Tol Jakarta-Cikampek didominasi kendaraan pribadi. Kendaraan itu umumnya banyak membawa barang yang tersimpan di bagian atap kendaraan yang terbungkus dengan terpal untuk melaju menuju DKI Jakarta.

Selain karena tingginya volume kendaraan yang melintas, kepadatan arus lalu lintas juga dipicu banyaknya antrean kendaraan yang akan memasuki resta area. Bahkan, banyak pengemudi terpaksa mengantre hingga lebih dari satu jam untuk masuk ke rest area.

Kapolres Metro Bekasi, Kombes Asep Adi Saputra mengimbau para pengguna jalan yang kembali ke Jakarta agar melewati jalur alternatif di wilayahnya.”Ke Jakarta ada rute alternatif, jika terjebak macet parah di Gerbang Tol Cikarang Utama, silakan gunakan jalan alternatif,” katanya.

Asep menjelaskan, bagi pemudik yang ingin menghindari kepadatan akibat antrean dapat mencoba rute alternatif, yaitu keluar di Tol Cikarang Pusat-Deltamas Km 38 langsung menuju Kalimalang. Selain keluar di Tol Cikarang Pusat bisa keluar di Tol Cibatu Km 34.

”Kedua pintu tol itu akses menuju Jalan Kalimalang,” ungkapnya. Jika ingin kembali masuk tol bisa melalui Tol Cibitung dan Tol Tambun. Jika ingin terus Kalimalang, maka akan tembus Kota Bekasi dengan gerbang tol terdekat Tol Bekasi Timur dan Bekasi Barat.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami