Internasional

Putin: ISIS Telah Sepenuhnya Dikalahkan di Suriah

BTN iklan

MOSKOW (LEI) – Presiden Rusia, Vladimir Putin mengatakan bahwa kelompok militan ISIS telah sepenuhnya dikalahkan di Suriah. Meski begitu, Putin mengingatkan, ISIS masih memiliki kekuatan potensialnya dan dapat menyerang wilayah yang berbeda di seluruh dunia.

“Terlepas dari kekalahan militernya, kelompok teroris ini (ISIS) mempertahankan potensi destruktifnya yang signifikan, ia dapat mengubah taktiknya dan meluncurkan serangan di berbagai negara dan wilayah di dunia, ” kata Putin dalam pidatonya di Konferensi Keamanan Internasional Moskow sebagaimana dikutip dari Sputnik, Rabu (4/4/2018).

Dalam keadaan ini, pemimpin Rusia itu menekankan perlunya memikirkan bentuk baru kerjasama multilateral yang dapat membantu negara-negara internasional untuk mengatasi ancaman terorisme.

ISIS mendeklarasikan kekhalifahan global dan melakukan serangan yang berhasil mengambil alih sebagian wilayah di Irak dan Suriah pada 2014. Setahun kemudian, pada 2015 kelompok militan tersebut berhasil merebut daerah-daerah besar di Irak barat dan Suriah timur, yang memuat sekitar 2,8 hingga 8 juta orang dan memaksakan hukum syariah mereka di sana.

Namun, kendali tersebut hilang dalam dua tahun terakhir setelah serangan balasan pasukan Pemerintah Irak dengan dukungan koalisi pimpinan Amerika Serikat dan operasi ofensif dari Tentara Suriah yang dibantu oleh Rusia.

Pasukan Irak berhasil membabaskan sebagian besar wilayahnya dari cengkeraman ISIS, termasuk Kota Mosuk pada 2017. Sementara Dominasi ISIS di Suriah juga berakhir pada tahun yang dengan direbutnya kembali kota-kota besar seperti Raqqa dan Deir ez-Zor pada Oktober tahun lalu. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close