Internasional

Putin Siap untuk Lakukan Pertemuan dengan Kim Jong-un dalam Waktu Dekat

BTN iklan

MOSKOW (LEI) – Kremlin telah mengirimkan pesan kepada Korea Utara yang menginformasikan bahwa Presiden Vladimir Putin siap untuk bertemu dengan Kim Jong-un dalam waktu dekat dan melakukan pembicaraan tiga arah dengan melibatkan Korea Selatan.

Pesan tersebut disampaikan bersama dengan surat resmi ucapan selamat kepada Kim atas peringatan Hari Pembebasan Nasional, sebuah hari besar menandai berakhirnya pendudukan Jepang di negara itu pada 1945.

Menurut laporan kantor berita Korea Utara, KCNA yang dilansir RT, Rabu (15/8/2018), Putin mengatakan bahwa dia yakin Korea Utara, Korea Selatan dan Rusia bisa bekerja sama dalam sebuah proyek bersama untuk “kerja sama yang saling menguntungkan.” Putin juga dilaporkan menyatakan bersedia untuk segera bertemu dengan Kim dan membicarakan isu penting, baik bilateral dan regional. Sejauh ini belum ada tanggal pertemuan yang ditetapkan.

Sebelumnya, Putin telah mengundang Kim untuk berkunjung ke Rusia, mengusulkan pemimpin Korea itu datang ke Vladivostok untuk menghadiri forum ekonomi pada September atau melakukan kunjungan resmi sendiri.

Hari Pembebasan Nasional adalah satu-satunya hari besar yang diperingati di tanggal yang sama oleh dua Korea. Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in memperingati hari tersebut dengan menyerukan kerja sama di bidang energi, jalur kereta dan ekonomi antara kedua negara bertetangga.

“Meskipun penyatuan politik mungkin masih jauh dari saat sini, membangun perdamaian antara Selatan dan Utara dan bebas mengunjungi satu sama lain, dan membentuk komunitas ekonomi bersama adalah kebebasan sejati bagi kita,” ujarnya dalam pidato yang disiarkan televisi.

Hubungan kedua Korea menghangat menyusul pertemuan antara Moon dengan Kim pada April lalu. Kedua negara juga sepakat untuk tampil sebagai satu tim dalam beberapa cabang olahraga pada Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang pekan ini. (idtechinasia)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 − seven =

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami