HEADLINES

Radio Sebagai media pembelajaran, tanpa internet masih bisa belajar. DKI bisa tiru metode ini?

BTN iklan

LEI, Indonesia – Inovasi media pembelajaran pada era pandemic ini semakin bertambah dan semakin kreatif, salah satunya dilakukoan oleh pemkot Magelang. Selama pandemic ini terutama para siswa di Magelang sangat kesusahan dikarenakan terbiasa dengan pertemuan atau tatap muka harus menyesuaikan dengan via daring atau tidak tatap muka. Saat pandemic covid Pemkot malang memberikan solusi pada masa covid ini dengan pemenuhan kebutuhan pendidikan di Magelang dengan saluran radio magelang fm. Siaran dilakukan dengan gelombang radio tanpa adanya internet. Banyak orangtua yang mengeluhkan mengenai bertambahnya biaya terutama di bidang pendidikan dengan membayar paket internet.

Di masa pandemic ini terutama di daerah sangat sulit mendapatkan uang, ditambah lagi bertambahnya biaya salah satunya biaya internet atau paket data untuk system pembelajaran yang ada di Indonesia yang sudah menggunakan system media daring. Siaran radio dengan metode pembelajaran pendidikan dilakukan karena pemkot magelang paham mengenai semua lapisan masyarakat belum tentu memiliki gadget untuk media pembelajaran. Dan tidak semua dilapisa masyarakat yang ada di Indonesia terutama di Magelang tidak memiliki akses Internet, sehingga Pemkot Magelang memberikan solusi ampuh dalam metode pembelajaran dengan gelombang radio.

 

Di masa covid-19 masih banyak masyarakat yang mengeluhkan dengan akses internet untuk media pembelajaran, dengan siaran radio siswa masih dapat melakukan pembelajaran atau belajar dirumah tanpa harus menggunakan akses Internet. Pada saat ini materi yang disiarkan adalah materi SD dan SMP. Untuk satu hari, dibuka 2 kelas yaitu kelas pagi dan kelas sore dan masing masing kelas dibuka selama 90 menit. Waktu 90 menit adalah waktu yang efektif untuk kegiatan mengajar dan belajar terutama untuk anak SD dan SMP. Karena mereka adalah penerus bangsa yang akan membanggakan bumi pertiwi kita.

Bagaimana pihak Pemprof DKI mengenai inofasi yang ada di daerah?? Metode ini bisa digunakan di Seluruh kawasan indonesia untuk membantu pembelajaran dan meringankan beban finansial dan semua lapisan masyarakat juga dapat belajar secara gratis dalam 90 menit yang berharga untuk belajar.

Kontributor : Dwitya Yonathan Nugraharditama

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami