InternasionalLiputan

Raja Thailand Menyetujui UUD Baru

BTN iklan

Bangkok/Lei – Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn akan menandatangani undang-undang dasar yang baru pada Kamis, menurut keterangan dari pihak istana.

Undang-undang dasar dukungan tentara itu adalah bagian penting dari rencana penguasa menyelenggarakan pemilihan umum untuk mengembalikan Thailand ke pemerintahan demokratik setelah kudeta pada 2014.

Masyarakat Thailand telah menyetujui rancangan undang-undang dasar dalam penentuan pendapat rakyat yang diselenggarakan Agustus lalu. Namun pihak istana meminta perubahan pada Januari, setelah raja mengambil alih kekuasaan dari almarhum ayahnya.

Salah satu hal dalam perubahan yang diajukan oleh pihak istana adalah dimungkinkannya raja untuk bepergian ke luar negeri tanpa menunjuk seorang wali untuk memerintah saat ia tidak ada.

Pihak istana mengatakan bahwa undang – undang dasar itu akan ditandatangani pada Kamis, bersamaan dengan upacara tahunan nasional yang diselenggarakan untuk memperingati pembentukan dinasti Chakri, 235 tahun yang lalu.

Diharapkan pada hari yang sama undang-undang dasar itu akan disiarkan kepada masyarakat dan mulai ditetapkan sebagai hukum yang berlaku. Ini akan menjadi undang-undang dasar ke-20 sejak akhir monarki absolut pada 1932.

Raja Maha Vajiralongkorn, yang juga dikenal sebagai Raja Rama X dari dinasti Chakri, naik tahta pada Desember, setelah kematian ayahnya, Raja Bhumibol Adulyadej, yang telah memerintah selama lebih dari 70 tahun.

Perlihatkan Lebih

One Comment

  1. Good – I should certainly pronounce, impressed with your website. I had no trouble navigating through all tabs as well as related information ended up being truly easy to do to access. I recently found what I hoped for before you know it at all. Quite unusual. Is likely to appreciate it for those who add forums or something, site theme . a tones way for your customer to communicate. Excellent task.

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami