HEADLINESTekno

Ransomware Goldeneye Mulai Menyerang

BTN iklan

Jakarta//Lei- Serangan ransomware yang sempat menghebohkan dunia pada pertengahan Mei 2017 lalu kembali terulang. Bukan jenis WannaCry, tetapi ransomware baru yang diberi julukan GoldenEye/Petya/NotPetya.

Praktisi keamanan siber dari Vaksinkom, Alfons Tanujaya menyampaikan, Ransomware GoldenEye memiliki efek yang jauh lebih berbahaya dibandingkan WannaCry. Selain mengeksploitasi celah keamanan yang sama dengan WannaCry, GoldenEye juga mengeksploitasi celah keamanan lain, sehingga seluruh komputer dengan sistem operasi Windows yang ter-update, bisa diinfeksi ransomware ini.

“Apabila GoldenEye telah menginfeksi sistem komputer, tidak hanya data-data penting yang dienkripsi, tetapi seluruh sistem komputer akan dilumpuhkan atau tidak bisa dinyalakan. Akibatnya fungsi penting yang dijalankan komputer bisa terganggu,” kata Alfons kepada  Rabu (28/6).

Sebagai langkah pencegahan, hal sederhana ketika pertama kali menyalakan komputer dengan mematikan Hotspot/WiFi dan cabut koneksi kabel LAN/internet. Saran Alfons, buatlah file palsu di Windows dengan nama perfc di folder C:\Windows, supaya malware ini mengira komputer tersebut telah diinveksi.

“Langkah pencegahannya cukup unik. Kita hanya perlu membuat file palsu supaya malware itu mengira komputernya sudah diserang. Nama file palsunya perfc di folder C:\Windows,” pesan Alfons. (beritasatu)

 

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami