Olahraga

Rebut Gelar WSSP 300, Ana Carrasco Jadi Juara Dunia Perempuan Pertama

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Ana Carrasco menggoreskan namanya di buku sejarah pada kejuaraan balap motor dunia. Dia menjadi perempuan pertama yang meraih gelar World Supersport 300.

Sosok berusia 21 tahun itu merebut gelar dunia 2018 usai balapan di Circuit de Nevers Magny-Cours, Minggu (30/9/2018).

Meski hanya menempati posisi 13, Carrasco memastikan peringkat puncak klasemen akhir. Dia mengoleksi 93 poin, unggul satu angka atas Mika Perez.

Capaian ini melanjutkan sepak terjangnya di WSSP 300. Dia mulai mencuri perhatian ketika memenangkan balapan di Portugal tahun lalu. Lewat hasil itu, dia menempati peringkat delapan klasemen akhir.

Pembalap Kawasaki itu kemudian memperbaiki kinerja pada balapan musim ini. Dia memenangkan balapan di Italia dan Inggris.

Balapan Dramatis

Carrasco meraih gelar dunia secara dramatis. Dia bertanding di Magny-Cours berbekal keunggulan 10 poin atas rekan setim Scott Deroue.

Namun, Carrasco tampil buruk di kualifikasi dan menempati posisi 25. Sedangkan Deroue dan Mika Perez bergantian memimpin balapan.

Meski begitu, Carrasco mendapat harapan ketika Deroue di putaran enam karena masalah teknis. Sedangkan Perez dikejar pembalap lain.

Perlahan Carrasco memperbaiki peringkat hingga menempati urutan 13 di putaran terakhir. Sedangkan Perez sukses mempertahankan posisi terdepan.

Dalam situasi ini, Perez akan jadi juara dunia. Namun, dia disalip Dani Valle pada tikungan terakhir dan hanya menjadi runner-up balapan.

Pada akhirnya Carrasco memastikan gelar dunia, unggul atas Perez dengan Deroue tergusur ke peringkat tiga.

Kinerja Galang Hendra

Di balik kemenangan Carrasco, pembalap Indonesia Galang Hendra Pratama hanya menempati posisi 15 di Circuit de Nevers Magny-Cours. Galang pun menduduki posisi 10 klasemen akhir.

[Liputan6.com]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close