Olahraga

Rekor Mega Transfer Neymar Dapat Bertahan 1 Dekade

BTN iklan

Kepindahan Neymar ke Paris Saint-Germain membuat pemain 25 tahun itu menjadi pesepakbola termahal dalam sejarah. Rekor transfer €222 juta (setara Rp3,5 triliun) milik Neymar juga bisa bertahan lama.

Neymar mengambil keputusan mengejutkan, Rabu (2/8), dengan memberitahu pihak Barcelona dia akan meninggalkan klub. Satu hari kemudian, Kamis (3/8), mantan pemain Santos itu dipastikan ke PSG dengan rekor transfer.

eputusan PSG membeli Neymar dengan transfer fantastis, €222 juta, membuat kapten timnas Brasil itu menjadi pesepakbola termahal dunia mengalahkan rekor €105 juta milik Paul Pogba yang dibeli Manchester United dari Juventus tahun lalu.

Rekor pemain termahal kemungkinan besar akan dipegang Neymar cukup lama, bahkan bisa sampai satu dekade ke depan. Kenapa hal itu bisa terjadi? Karena saat ini, selain Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, tidak ada pesepakbola papan atas dunia yang lebih baik daripada Neymar.

Neymar mengalahkan Paul Pogba sebagai pesepakbola termahal di dunia.Neymar mengalahkan Paul Pogba sebagai pesepakbola termahal di dunia. (Reuters / Sergio Perez)

Barcelona terpaksa menjual Neymar ke PSG, tanpa negosiasi, karena klub asal Perancis itu membayar klausul pelepasan kontrak sang pemain. Andai Barcelona mau melepas Neymar, maka negosiasi akan terjadi dengan PSG, dan nilai transfer pun bisa dipastikan tidak akan mencapai €222 juta.

Dikarenakan Barcelona terpaksa menjual, maka jarak antara nilai transfer Neymar dengan Pogba sangat jomplang. PSG bisa membeli dua Pogba dengan uang transfer Neymar.

Neymar dibeli Barcelona dari Santos pada 2013.Neymar dibeli Barcelona dari Santos pada 2013. (AFP PHOTO / JOSEP LAGO)

Saat ini hanya ada dua pemain yang memiliki nilai klausul pelepasan kontrak lebih besar daripada Neymar, yakni Messi dan Ronaldo. Messi punya nilai klausul pelepasan kontrak mencapai lebih dari €300 juta, sedangkan Ronaldo lebih fantastis: €1 miliar.

Di usia Ronaldo sudah 32 tahun, sulit bagi Madrid menemukan klub yang mampu membayar klausul pelepasan kontrak bintang asal Portugal tersebut. Kalaupun Madrid menjual Ronaldo lewat negosiasi, maka harganya sulit melebihi €222 juta.

Lionel Messi menjadi salah satu pesepakbola yang mampu mengalahkan rekor transfer Neymar.
Lionel Messi menjadi salah satu pesepakbola yang mampu mengalahkan rekor transfer Neymar. (REUTERS/Albert Gea)

Messi lebih memungkinkan untuk memecahkan rekor transfer Neymar. Selain karena usianya masih 30 tahun, kualitas Messi juga masih di atas Neymar. Klausul pelepasan kontrak Messi juga lebih masuk akal.

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah, maukah Barcelona untuk kali kedua kehilangan pemain terbaiknya dalam waktu berdekatan? Kemungkinannya sangat kecil.

Butuh waktu lebih dari dua tahun bagi Barcelona untuk kembali melepas pemain terbaiknya, dalam hal ini Messi. Sialnya, dua tahun ke depan Messi sudah cukup tua untuk menjadi pesepakbola termahal. Selain itu, Messi juga dikenal sangat setia dengan Barcelona.

Jika bukan Messi atau Ronaldo, maka dibutuhkan lebih dari lima tahun sampai satu dekade sebelum muncul lagi pesepakbola dengan talenta luar biasa dan pantas dihargai mahal. Dengan demikian rekor transfer Neymar akan bertahan lama. (CNN)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami