Buku

Resensi Buku Revolusi Tak Kunjung Selesei Potret Indonesia Masa Kini

BTN iklan

 

Judul: Revolusi Tak Kunjung Selesai “Potret Indonesia Masa Kini”

Penulis: Remy Madinier

Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia

ISBN: 9786024243050


Berita menyedihkan pagi ini salah seorang penyidik senior KPK  dalam rangka penegakan hukum di Indonesia, menjadi catatan hitam di Indonesia.

Maka benarlah apa yg disunting oleh Remy Madiner pada Buku Revolusi Tak Kunjung Selesei Potret Indonesia Masa Kini. Remy adalah peneliti pada Pusat Kajian Asia Tenggara Lembaga Penelitian Nasional Perancis ( CNRS-EHESS) dan ahli sejarah Indonesia kontemporer.

Memang secara historiy Indonesia dan Perancis tidak pernah hubungan apapun dalam arti sejak pertumbuhan dan kemerdekaan Indonesia. Dalam buku ini Madiner mengumpulkan beberapa penulis dan peneliti yg akhli dalam bidang untuk melihat potret Indonesia dari awal sejarah sampai kekinian.

Buku ini dibagi beberapa bagian Bagian kesatu ttg Geografi kondisi wilayah Indonesia ttg rumitnya penyatuan wilayah Indonesia diungkapkan Nathalie Fau , problem urbanisasi oleh Manuelle Frank yg menarik tulisan Jerome Tadie menyorot Jakarta dlm upaya mengendalikan ibu kota sbg Jakarta. Di Bab ke Dua mengungkap beberapa hal di Bab 8 Jerome Samuel Media Indonesia Antara Informasi dan Tontonan Negara dan Konglomerat, namun tdklah fair apakah ini hanya terjadi di Indonesia?? Negara Italia saja yg maju semua media komunikasi di kuasai Konglomerat. Bagian ke Tiga banyak menyorot yg menjadi masalah kekinian konsensus keagamaan .

Bab ke empat banyak beberapa tulisan menarik ttg Unsur Kebudayaan di Indonesia. Bab kelima mengungkap permasalahan Indonesia kedepan ttg permaslahan lokal dan Nasional oleh Christine Cabasset dan Dimensi Sosial dlm Pembangunan Ekonomi di Indonsia . Secara umum buku ini mengungkapkan beberapa permasalah an di Indoenasia problema yg sebetulnya oleh pemerintahan Jokowi sdh menjadi catatan dan memang masukan secara konstruktif dan mana yg menjadi prioritas dlm mengambil kebijakan. Jika para peneliti luar bs menganalisis serta menjadi sebuah buku ini, tentunya para pengambil kebijakan dan akhli di Indonesia hrs lebih memahami masalah Indonesia. Selamat membaca. Resensi.Laksanto Peneliti LSHI Jakarta

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami