Nasional

Resuffle Kabinet RI di Rabu Pahing oleh Presiden Jokowi

Siapa saja yang bakal ditanggalkan ?

BTN iklan

LEI, Jakarta- Rabu Pahing dimana hari jawa yang diminati oleh Presiden Jokowi untuk momentum Reshuffle kabinet. Tinggal sehari lagi. Banyak orang sudah bisik-bisik soal reshuffle, meskipun bisik-bisiknya kadang terlalu lantang juga sampai didengar telinga orang se-Indonesia.
Sejauh ini, Kabinet Indonesia Maju Jilid 2 masih diisi formasi seperti sebelumnya. Namun waktu terus berjalan. Isu reshuffle jilid 2 muncul usai DPR menyetujui penggabungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Kementerian Investasi dan Teknologi (Kemenristek). Pemerintah juga akan membentuk Kementerian Investasi.

Bisik-bisik sudah terdengar. Kabarnya Nadiem Makarim akan dicopot dari jabatannya saat ini, yakni Mendikbud. Ada lagi bisik-bisik lainnya, seperti menteri yang akan kena reshuffle adalah menteri berinisial M. Setidaknya ada empat anggota kabinet yang inisialnya M, yakni Menk Polhukam Mahfud Md, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko.

Bisik-bisiknya, lagi, Moeldoko adalah yang paling berpotensi kena reshuffle karena sudah bermanuver terhadap Partai Demokrat. Di luar itu, ada lagi bisik-bisik lain seperti Muhammad Ali Rapsel dari Partai NasDem menjadi Menteri Investasi. Anggota Komisi XI DPR Misbakhun menduga Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menjadi Menteri Investasi nantinya. Ada pula nama Witjaksono, tokoh muda NU yang mengaku beberapa kali dipanggil Jokowi.

“Sempet dipanggil, saya sudah beberapa kali diskusi dengan Pakde (Jokowi) sih. Saya sudah kenal sama Pakde sudah cukup lama, sudah dari 2015,” kata Witjaksono saat dihubungi LEI.

 

Ustaz kondang pendukung Jokowi di Pemilu 2019, Yusuf Mansur bahkan mendoakan via Instagram, “Bismillah.. Mas Witjaksono… Menteri Investasi… Aamiin.”

Ada pula, bisik-bisik PAN masuk koalisi. Ketua DPP PAN Mumtaz Raiz yang sesumbar partai tempatnya bernaung siap merapat ke koalisi Jokowi-Ma’ruf. Namun Mumtaz tidak secara gamblang mengkonfirmasi PAN bakal masuk kabinet.

“Ketika melihat mungkin PAN ranking-nya tinggi, skornya memenuhi untuk masuk kabinet Jokowi, maka itu sebuah apresiasi. Itu semua compliment yang kita apresiasi setinggi-tingginya,” kata Mumtaz kepada detikcom, Jumat (16/4) lalu.

Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin, mengaku belum tahu pasti kapan Jokowi akan mengumumkan reshuffle.

“Surat dari DPR sudah disetujui apa yang disampaikan bapak Presiden. Presiden tidak lama yang begitu, cuma terkait penataan kelembagaan, Kalau ini (penataan kementerian baru) sudah selesai, tinggal waktu Presiden aja. Mudah-mudahan tidak dalam waktu lama,” ucap Ngabalin saat dihubungi, Minggu (18/4) kemarin.

Selanjutnya, Rabu Pahing jadi reshuffle kabinet?

 

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami