EkonomiFinansial

Revisi Pengembangan Blok Masela Sudah Disetujui Presiden, Langsung Dilirik Negara-Negara Lain

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menghadap Presiden Joko Widodo alias Jokowi, di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (16/7). Dia datang untuk melaporkan perkembangan terkini soal Blok Masela, di Tanimbar, Maluku.

Dijelaskan Jonan, rencana revisi pengembangan atau PoD Blok Masela telah setujui pemerintah. Langkah selanjutnya adalah melakukan Final Investment Decision (FID) yang akan berproses satu tahun mendatang.

“Ini kami melaporkan kepada Bapak Presiden bahwa persetujuan pemerintah terhadap pembangunan Blok Masela sudah diberikan. Jadi kami lapor, kami serahkan persetujuannya di hadapan Bapak Presiden,” ucap Jonan usai pertemuan.

Jonan menghadap Jokowi bersama dengan Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto, hingga CEO Inpex Takayuki Ueda beserta jajaran. Menurut Dwi, Kepala Negara sangat senang menerima laporan menteri ESDM soal Masela.

“Presiden menyambut gembira atas kerja keras kedua pihak, negoisasi yang meskipun alot pada akhirnya kita hari ini bisa menyelesaikan investasi yang sangat besar ini, yang sangat berarti buat Indonesia,”

Jokowi juga menyampaikan harapan agar Inpex berkomitmen dengan apa yang tertuang di dalam PoD, berikut persyaratan yang ada di lembar persetujuan menteri ESDM atas (PoD) tersebut.

“Antara lain yang beliau tekankan adalah agar local content dimaksimalkan. Kemudian penggunaan tenaga kerja setempat itu di-maximized. Jadi ada training untuk bisa meningkatkan kapabilitas tentu saja dari SDM setempat,” jelas Dwi.

Letak Blok Masela
Letak Blok Masela

Lika-Liku Blok Masela

1998: Inpex Corporation (国際石油開発帝石株式会社 Kokusai Sekiyu Kaihatsu Teiseki Kabushiki-gaisha) menerima kontrak bagi hasil (PSC) selama 30 tahun untuk menangani blok Masela

2000: Ditemukan Ladang Gas Abadi yang memiliki potensi cadangan gas 6,97 Triliun kaki kubik

2008: Inpex serahkan POD I ke BP Migas untuk blok Masela

2010: POD I disetujui pemerintah dengan skema LNG Terapung di laut

2015: Inpex ingin merivisi POD dengan peningkatan kapasitas LNG ke 7,5 juta Ton

2016: Jokowi putuskan skema darat pada perdebatan Revisi PoD

2019: HoA pengembangan Masela diteken, disusul dengan PoD

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

4 Comments

  1. 596000 156768I discovered your weblog web site on google and check just several of your early posts. Proceed to preserve up the excellent operate. I just extra up your RSS feed to my MSN Information Reader. Seeking forward to reading much more from you in a whilst! 362904

  2. I would like to thank you for the efforts you’ve put in writing this website. I really hope to see the same high-grade content by you later on as well. In fact, your creative writing abilities has inspired me to get my own, personal blog now 😉

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami