Nasional

Ribuan Ikan Mati di Sungai Sambong Batang Karena Limbah?

BTN iklan

BATANG, (LEI) – Ribuan ikan ditemukan mati mengambang di sungai Sambong, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Jumat siang.

Ribuan ikan mati yang berada di aliran sungai Sambong atau tidak jauh dari perusahaan Miki Motto Industries Batang itu belum diketahui penyebabnya.

Humas Perusahaan Terbatas Miki Motto Industries Batang, Jack Burhan di Batang, Jumat, mengatakan bahwa ribuan ikan mati diperkirakan karena kondisi air sungai relatif cukup panas.

“Ribuan ikan mati tersebut bukan karena faktor sisa limbah dari perusahaan Miki Motto. Ribuan ikan tersebut mati karena kondisi cuaca yang relatif cukup panas dan sisa limbah industri kecil yang berada di hulu sungai,” katanya.

Ia mengatakan perusahaannya secara rutin memantau tingkat pencemaran limbah dan setiap satu bulan melaporkan kondisi instalasi pengolahan air limbah (IPAL) kepada Pemerintah Kabupaten Batang.

“Kami pastikan sisa limbah perusahaan tidak dibuang ke sungai. Oleh karena, jika ribuan ikan mati di sungai bukan disebabkan sisa limbah dari perusahaan melainkan faktor lain seperti kondisi cuaca yang cukup panas dan sisa limbah industri kecil lainnya,” katanya.

Warga Kelurahan Sambong, Taufik, mengatakan matinya ribuan ikan di sungai Sambong tidak hanya terjadi sekarang ini saja melainkan sebelumnya juga terjadi hal yang sama.

Pada musim kemarau tahun sebelumnya, kata dia, banyak ikan mati di sungai Sambong karena kondisi air cukup panas.

“Ribuan ikan mati bukan hanya karena faktor sisa limbah yang dibuang ke sungai saja melainkan juga karena kondisi cuaca yang cukup panas,” katanya. [antaranews]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami