Liputan

Ribuan Warga Padati Lokasi Perekaman E-KTP Pekanbaru

BTN iklan

PEKAN, 14/5 (Antara) – Ribuan orang yang berasal dari berbagai wilayah di Provinsi Riau padati pelataran parkir hotel Furaya Pekanbaru yang berada di Jalan Sudirman guna melakukan perekaman KTP elektronik atau E-KTP.

“Saya datang bersama beberapa orang kawan dari Kabupaten Siak,” ucap Novi salah seorang warga yang melakukan perekaman E-KTP, Senin.

Novi mengatakan bahwa ia sengaja datang dari Kabupaten Siak untuk melakukan perekaman E-KTP tersebut. Disebutkannya kemudian bahwa sampai saat ini ia dan beberapa anggota keluarganya masih belum bisa melakukan perekaman tersebut di daerah asalnya. Lebih jauh Novi mengaku tidak tahu alasan dari Pemkab Siak mengapa proses perekaman KTP tersebut.

Lebih jauh diakui Novi bahwa ia dan beberapa rekannya tersebut bahkan sudah datang sejak pukul enam pagi tadi. Dengan mengendarai sepeda motor, ia dan beberapa rekannya tersebut memang berinat untuk dapat melakukan perekaman E-KTP di Pekanbaru. Dijelaskannya bahwa informasi soal perekaman E-KTP tersebut ia dapat dari media sosial yang memberitakan soal adanya kegiatan perekaman E-KTP serentak untuk seluruh kabupaten dan Kota di Provinsi Riau.

“Sampai sekarang saya masih tidak punya E-KTP. Kalau mau ngurus sesuatu sekarang harus pakai E-KTP, makanya kami bela-belain untuk datang dari subuh,” ucapnya kemudian.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (Disdukcapil DaldukKB) Provinsi Riau Andra Syafril mengatakan bahwa memang masih terdapat beberapa kendala dalam perekaman E-KTP di beberapa Kabupaten di Provinsi Riau. Misalnya soal ketersediaan blanko, alat rekam serta beberapa masalah lainnya. Oleh sebab itu Pemprov Riau menggelar kegiatan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) yang dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Riau.

Ia menjelaskan bahwa hal ini bertujuan sebagai ajang “jemput bola” yang dilakukan Pemprov Riau untuk itu masyarakat yang belum melakukan perekaman KTP elektronik. Selain itu kegiatan ini juga ditargetkan untuk masyarakat yang sudah merekam namun belum dilakukan pencetakan E-KTP tersebut. Setidaknya pihak Disdukcapil DaldukKB Provinsi Riau menargetkan 10.000 perekaman dalam dua hari pelaksanaan kegiatan tersebut, yaitu pada Senin (14/5) dan Selasa (15/5).

“Kita tau bahwa sampai saat ini masih terdapat banyak kekurangan dalam pelayanan perekaman E-KTP tersebut. Namun kita terus berupaya untuk mencarikan solusinya,” ucap Andra.

Sebagai Informasi, kegiatan tersebut juga dapat diikuti oleh masyarakat yang berasal dari luar Provinsi Riau. Dalam kegiatan tersebut juga dapat dilakukan pengurusan Surat Keteragan dan KTP belum jadi, KTP Rusak, Serta KTP Hilang.

Nantinya masyarakat yang telah melakukan perekaman dalam dua hari tersebut dapat mengambil langsung E-KTP mereka di kantor Disdukcapil DaldukKB tepatnya di Jalan Pepaya nomor 63 Pekanbaru pada tanggal 17 Mei 2018.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close