EntertainmentLifestyle

Riwayat Bintang Hollywood sampai ‘Pengusiran’ Donald Trump

BTN iklan

Jakarta (LEI) – ‘Pengusiran’ Donald Trump dari Hollywood Walk of Fame adalah yang pertama dalam sejarah. Tidak pernah ada bintang yang dipindah permanen dari pedestrian destinasi wisata di Hollywood itu selama 60 tahun mereka pertama dibangun.

Hollywood Walk of Fame merupakan destinasi populer di jantung Hollywood. Ia membentang sejauh 15 blok di Hollywood Boulevard, mulai Gower Street sampai La Brea Avenue. Pedestrian penuh bintang dengan nama terkenal itu panjangnya mencapai 2 kilometer.

Tidak hanya nama aktor dan artis, ada pula nama pesohor terpatri di sana.

Sampai saat ini ada lebih dari 2.600 bintang di sana. Masing-masing berwarna merah dengan nama emas di tengahnya. Di sekitarnya adalah ubin berwarna hitam. Tak hanya berisi nama, bintang itu juga menampilkan simbol yang menggambarkan si pesohor.

Aktor atau aktris, simbolnya biasanya kamera film. Musisi, gambarnya bisa piringan hitam atau logo musik. Lain lagi bagi yang dikenang sebagai tokoh radio atau penampil panggung.

Beberapa nama tidak dari industri hiburan tapi dapat penghargaan khusus, seperti astronaut Neil Armstrong, Buzz Aldrin, Michael Collins, serta Mickey Mouse. Yang disebut terakhir adalah karakter fiksi pertama yang mendapat bintang di sana, pada 1978.

Beberapa waktu lalu, sang ‘kekasih’ Minnie Mouse baru mendapat bintangnya sendiri.

Minnie butuh waktu puluhan tahun untuk menyusul Mickey. Itu karena mematri nama di sana tidak bisa sembarangan. Ada serangkaian proses yang harus dilewati. Artis itu sendiri, atau perwakilan mereka harus ‘melamar’ ke Hollywood Chamber of Commerce.

Dewan itu akan menyeleksi sekaligus membayar US$30 ribu kepada Hollywood Historic Trust. Itu termasuk pembayaran untuk instalasi bintang dan pemeliharaannya.

Ide untuk membuat bintang di sepanjang Hollywood Boulevard itu bermula pada 1953. Adalah EM Stuart, presiden pertama untuk Chamber of Commerce yang mengusulkannya. Katanya, itu untuk merayakan Los Angeles dan komunitas Dream Factory di kota itu.

Ide itu pun disampaikan ke Los Angeles City Council pada 1955. Dua tahun selanjutnya, ide digodok semakin matang. Beberapa nama besar seperti Cecil B DeMille dan Walt Disney ikut. Mereka akhirnya memutuskan ada delapan nama yang akan dibuatkan bintang.

Pada 1958, pembangunan pun dimulai.

Tahun demi tahun, semakin banyak bintang dibangun. Pedestrian Hollywood Boulevard belum penuh. Nama-nama yang diusulkan ada yang sangat layak, ada pula yang kontroversial. Namun, mengutip Independent, belum pernah ada yang bernasib seperti bintang Donald Trump.

Pada Senin (6/8), Dewan Kota West Hollywood secara bulat meloloskan sebuah keputusan untuk mencopot bintang Hollywood Walk of Fame milik Presiden Amerika Serikat itu. [cnn indonesia]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami