Tekno

Robot Peliharaan yang Bebas Ribet untuk Hilangkan Kesepian Lansia

BTN iklan

DEVON, (LEI) – Saat usia semakin tua dan tidak memungkinkan keluar rumah, sedikit banyak pasti ada rasa kesepian. Bahkan bagi lansia yang hidup di home care atau panti jompo, malah bisa menciptakan pengalaman yang mengisolasi.

Untuk mengobati kesepian dan memberikan kenyamanan pada lanjut usia, salah satu jasa perawatan lansia – Kenwith Castle melakukan pendekatan yang tidak biasa, yakni mengenalkan robot kuda dan anjing.

Sementara robot anjing diberi nama KC, si kuda diberi nama Keno. Keduanya akan bereaksi, bersuara ketika seseorang mengelus tubuh mereka. Dua robot ini dapat membantu memberikan stimilasi mental, persahabatan, dan kenyamanan kepada seseorang. Terutama bagi penderita demensia yang mungkin merasa sulit untuk berhubungan dengan orang lain.

Tidak seperti hewan peliharaan umumnya, KC dan Keno akan memberikan reaksi yang sama pada tiap waktu. Mereka tidak mengenal perbedaan suasana hati dan tidak membutuhkan perawatan. Inilah yang menyebabkan dua robot hewan mampu menjadi solusi untuk mengurangi stres bagi lansia.

Kenwith Castle baru mengenalkan robot peliharaan ini pada enam bulan lalu. Tapi, mereka sudah terbilang populer dengan banyaknya masyarakat yang mengelus KC dan menyikat rambut Keno. “Masyarakat bisa berinteraksi dengan KC dan Keno. Mereka bisa dimanja,” ujar salah satu pengelola Kenwith Castle Rae Vanstone dilansir dari Metro, Sabtu (17/3).

KC dan Keno dibawa ketika Kenwith Castle berkunjung ke salah seorang lansia untuk terapi. Tapi, menurut Vanstone, mungkin sudah ada beberapa keluarga yang membeli robot anjing mereka sendiri untuk disimpan di kamar sendiri.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami