InternasionalTekno

Roket Falcon 9 milik SpaceX sukses mendarat di permukaan laut

BTN iklan

 Lei – Salah satu misi yang ingin dicapai oleh Elon Musk dengan perusahaan SpaceX miliknya adalah menciptakan roket yang reusable, sehingga ongkos perjalanan ke luar angkasa dapat ditekan. Tujuan tersebut kini tampaknya telah mencapai sebuah milestone baru. Pada peluncuran uji coba terbarunya, roket Falcon 9 milik SpaceX berhasil mendarat di permukaan laut dengan selamat.

Elon Musk berkata bahwa mereka tengah melakukan uji coba pendaratan metode retrothrust (mengurangi kecepatan dengan thruster yang mengarah ke belakang) berkekuatan tinggi. Biasanya pendaratan roket dilakukan di atas sebuah kapal (drone ship). Namun kekuatan thruster dalam uji coba ini sangat besar dan dikhawatirkan dapat merusak kapal, sehingga mereka mendaratkannya di laut.

Karena tidak mendarat di drone ship, pihak SpaceX sudah mengantisipasi bahwa roket Falcon 9 ini akan rusak. Tapi ternyata roket tersebut cukup kuat untuk menahan dampak pendaratan di laut. Belum ada kabar apakah SpaceX akan menggunakan kembali roket tersebut atau tidak di masa depan.

Sumber: The Verge

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close