Olahraga

Roma Ungkap Alasan Jual Murah Salah Ke Liverpool

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – AS Roma mengungkapkan alasan menjual Mohamed Salah ke Liverpool dengan harga yang murah. Sebelumnya, publik sepak bola Roma banyak yang mengkritik klub tersebut menjual pemainnya dengan harga yang kurang sepadan dengan kualitas Salah.

Direktur klub Roma, Monchi, mengatakan harga Salah terkesan relatif murah karena dilakukan sebelum transfer Neymar ke Paris Saint Germain (PSG) dengan nilai fantastis.

Striker timnas Mesir tersebut dijual Serigala Roma dengan harga €40 juta atau setara Rp677 miliar kurs saat ini. Monchi pun menganggap harga tersebut murah jika melihat kualitas Salah yang luar biasa.

Angka itu pun terkesan menjadi semakin murah karena rekor pembelian termahal Neymar dari Barcelona ke PSG. Bintang timnas Brasil itu dibeli Les Parisiens dengan harga €222 juta euro (Rp3,7 triliun).

“Untuk mengerti pembelian ini, Anda harus memahami dua hal. Pertama, proses transfer terjadi sebelum efek Neymar yang langsung mengubah pasaran pemain,” ujar Monchi dikutip dari AFP.

Ia mencontohkan harga sejumlah pemain melonjak tinggi setelah pembelian Neymar oleh PSG. Sebut saja di antara lain Ousmane Dembele dan Philippe Coutinho.

Dembele dibeli dari Borussia Dortmund musim lalu dengan harga €145 juta (Rp2,4 triliun), sedangkan Coutinho dijual Liverpool dengan nilai €160 juta (Rp2,7 triliun) pada Januari tahun ini.

Monchi juga menyebut alasan kedua terpaksa menjual Salah dengan harga yang relatif murah ke Liverpool saat itu.

“Kami terpaksa menjualnya [Salah] sebelum 30 Juni [karena terbentur sanksi Financial Fair Play]. Mereka yang tahu soal problem bisnis ini rasanya seperti kepala Anda ditodong Pedang Damocles [berada dalam posisi lemah].”

“Dengan demikian jika merujuk pada dua faktor itu, kamu sudah melakukan penjualan dengan benar. Sekarang ia menjalani musim luar biasa [di Liverpool] dan dengan efek Neymar, Coutinho, dan Dembele, nilainya tidak diragukan lagi bisa meningkat,” tutur Monchi dikutip dari AFP.

Salah sejauh ini masih menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Primer Inggris musim ini dengan koleksi 28 gol dalam dalam 30 laga yang dilakoninya. Total ia mengemas 36 gol untuk The Reds di seluruh kompetisi musim ini.

Pemain 25 tahun ini juga menjadi pahlawan baru bagi publik sepak bola Mesir. Berkat ketajamannya di depan gawang, ia mampu membawa timnya ke Piala Dunia 2018.

“Ia sangat kuat. Namun yang menakjubkannya ia kembali ke liga yang sempat membuatnya tidak sukses ketika masih membela Chelsea,” ucap Monchi.

“Ia sudah menemukan pelatih, rekan-rekan setim yang memberikan kepercayaan kepadanya. Tim di sana [Liverpool] amat cocok baginya, terutama dalam hal gaya permainan.”

[CNN]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami