Liputan

Rp 9 Miliar untuk 3000 Lampu Jalan di Kupang NTT

BTN iklan

KUPANG, (LEI) – Pemerintah Kota Kupang menyediakan Rp9 miliar untuk memasang 3.000 titik lampu jalan di seluruh wilayah ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur itu.

“Semua titik di 51 kelurahan yang masih gelap akan menjadi prioritas pemasangan lampu jalan di 2017 guna mendukung program pemerintah ‘smart city’ yang harus terang benderang,” kata Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Kupang Johny Bire, di Kupang, Rabu.

Menurut dia pemasangan baru 3.000 titik lampu penerangan jalan itu diprioritas pada titik-titik rawan yang ada di setiap kelurahan. Lebih khusus pada titik-titik yang sudah menjadi permintaan warga yang disampaikan saat wali kota berkantor di kelurahan maupun melalui reses para anggota dewan.

Selain melakukan pemasangan jaringan lampu penerangan yang baru, Pemerintah Kota Kupang juga merehabilitasi sejumlah jaringan lampu penerangan jalan yang telah rusak atau dicuri.

“Ini tahap kedua dari keseluruhan rencana pemasangan lampu jalan di seluruh wilayah ini sejak 2016 silam,” katanya.

Pagu anggaran untuk pemasangan 3.000 lampu penerangan jalan Kota Kupang 2017 sebesar Rp9 miliar. “Ini untuk pengadaan sebanyak 3.000 lampu baru jenis LED berkapasitas 40 dan 60 watt,” kata Johny.

Ada dua pilihan kapasitas lampu 40 dan 60 watt disebabkan karena dalam pemasangan jaringan terdapat perbedaan antara lokasi jaringan di pinggiran jalan negara dan jalan lingkungan.

Untuk lokasi jalan negara maupun jalan provinsi, akan dipasang lampu dengan kapasitas 60 watt. “Kalau untuk jalan lingkungan dipasang lampu penerangan berkapasitas 40 watt,” katanya.

Saat proses pemasangan jaringan baru penerangan lampu jalan di Kota Kupang sudah dalam proses administrasi, yakni pengadaan melalui e-katalog atau online dan tidak melalui proses lelang. Hal ini memungkinkan agar tidak terjadi kemungkinan kolusi.

Dia memastikan pertengahan September atau paling lambat awal Oktober pekerjaan fisik pemasangan 3.000 jaringan baru penerangan lampu jalan di Kota Kupang sudah bisa dilakukan. “Saat ini kami masih menanti salah satu komponen bagian kelengkapan perangkat lampu jalan itu,” katanya.

Selain pemasangan 3.000 jaringan baru lampu penerangan jalan, Pemerintah Kota Kupang juga akan melakukan pemasangan 10 jaringan baru lampu jalan jenis ‘hightmast’.

Pemasang 10 jaringan baru lampu jalan berjenis ‘hightmast’ ini menurut Johny akan dilakukan pada sejumlah titik persimpangan jalan maupun taman di Kota Kupang, yakni dua unit di taman Nostalgia, Bundaran Oebufu, Simpang Tiga Kelurahan Oesapa, Terminal Kupang, depan kantor Bupati dan di depan Rumah Sakit Adven Kota Kupang.

Saat ini anggaran yang telah disiapkan untuk pengadaan sepuluh jaringan lampu jenis ‘highmast’ tersebut sebesar Rp1,5 miliar.

Proses pemasangan sepuluh jaringan lampu jenis ‘hightmast’ tersebut juga akan dilakukan bersamaan dengan pemasangan 3.000 jaringan lampu jalan jenis LED.

Johny berharap, masyarakat untuk sama-sama menjaga dan merawatnya. Tidak boleh lagi ada aksi pencurian dan perusakan semua fasilitas yang sudah terpsang itu.

Ini demi kepentingan bersama, untuk penarangan dan tentunya untuk keamanan dan kenyamanan warga pengguna jalan daerah ini. “Kota Kupang harus terus aman dan damai,” kata Johny Bire. [antaranews]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami