Finansial

Rupiah Melemah menjadi Rp. 13.062

BTN iklan

Jakarta/Lei – Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu pagi bergerak melemah sebesar 13 poin menjadi Rp13.062, dibandingkan sebelumnya di posisi Rp13.049 per dolar AS.

Ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta di Jakarta, mengatakan bahwa inflasi yang naik dan indeks manufaktur Indonesia yang cenderung masih melambat menjadi salah satu sentimen negatif dalam negeri, menambah pesimisme terhadap prospek pertumbuhan ke depan.

“Kondisi itu membuat rupiah akan cenderung fluktuatif dalam jangka pendek dengan kecenderungan pelemahan,” katanya.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi pada Oktober 2016 mencapai 0,14 persen, maka inflasi tahun kalender Januari-Oktober 2016 mencapai 2,11 persen dan tingkat inflasi dari tahun ke tahun (yoy) 3,31 persen.

Sementara itu, dipaparkan, data Indeks Manajer Pembelian (The Nikkei Indonesia Manufacturing Purchasing Managers Index/PMI) disebutkan, PMI Oktober berada di poin 48,7, menurun dari posisi September yang di level 50,9 dan Agustus 50,4..

Di sisi lain, lanjut dia, harga minyak yang menurun merespon kabar kesepakatan pemangkasan produksi minyak mentah anggota Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak Bumi (OPEC) terancam gagal turut mempengaruhi.

“Dari pasar global secara umum ketidakpastian masih tinggi terlihat dari sejumlah mata uang yang masih cenderung terdepresiasi,” katanya.

Ia menambahkan bahwa fokus pasar saat ini juga tertuju pada hasil pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) yang dirilis dini hari nanti.

Perlihatkan Lebih

One Comment

  1. Hi there, I discovered your blog by way of Google even as
    looking for a comparable topic, your website came up,
    it seems to be great. I’ve bookmarked it in my google bookmarks.

    Hi there, just become alert to your weblog via Google, and located that it’s really
    informative. I’m gonna watch out for brussels.

    I will be grateful in the event you proceed this in future.
    Numerous folks shall be benefited from your writing.
    Cheers!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five + seven =

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami