FinansialInvestasi

Rupiah Melemah Sebesar 65 Poin

BTN iklan

Jakarta (lei) – Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Rabu pagi, bergerak melemah sebesar 65 poin menjadi Rp14.196 dari posisi sebelumnya Rp14.131 per dolar AS.

“Indeks dolar AS masih menguat terhadap mayoritas mata uang dunia menjelang pertemuan The Fed yang diagendakan pada pekan ini,” kata Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Rabu.

Ariston Tjendra mengatakan bahwa sentimen mengenai imbal hasil obligasi Amerika Serikat yang mencapai di atas 3 persen serta meredanya tensi dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok turut menjadi penopang bagi dolar AS.

Ia menambahkan bahwa ekspektasi pelaku pasar terhadap The Fed yang akan menaikkan suku bunganya dua kali lagi selama tahun 2018 juga masih menjadi sentimen yang menopang mata uang dolar AS.

“Bahkan, tidak menutup kemungkinan kenaikan tersebut bisa tiga kali lagi,” katanya.

Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada mengatakan rencana Bank Indonesia yang akan meningkatkan frekuensi pertukaran mata uang asing atau foreign exchange swap (FX Swap) menjadi tiga kali seminggu dengan tujuan memperkuat likuiditas rupiah yang mulai mengetat selama beberapa hari terakhir.

“Diharapkan kebijakan itu dapat mengangkat nilai tukar rupiah terhadap dolar AS,” katanya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami