FinansialInvestasi

Rupiah Melemah Tipis

BTN iklan

Jakarta/Lei – Rupiah ditutup melemah tipis 0,15% atau 20 poin ke Rp13.368 per dolar AS, setelah dibuka dengan penguatan 0,14% atau 19 poin di posisi 13.329 per dolar AS.

Sejak awal perdagangan, rupiah bergerak di zona hijau, namun menjelang akhir perdagangan rupiah terus tertekan hingga berbalik melemah.

Sepanjang perdagangan kemarin, rupiah bergerak di kisaran Rp13.316 – Rp13.383 per dolar AS.

Adapun pada perdagangan Jumat (30/6), rupiah ditutup terdepresiasi 0,14% atau 18 poin di posisi 13.348 per dolar AS.

Sementara itu, Indeks dolar AS yang mengukur kekuatan greenback terhadap sejumlah mata uang utama terpantau menguat 0,40% atau 0,38 poin ke level 96,012 pada pukul 16.05 WIB.

Indeks dolar berbalik menguat setelah kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah AS ke level tertinggi dalam tujuh pekan membantu menghentikan kerugian yang menekan kinerja dolar ke level terendah sejak tahun 2010.

Seperti dilansir Reuters, tanda-tanda pergeseran terhadap pengetatan kebijakan pekan lalu dari pejabat bank sentral di luar Amerika Serikat mendorong euro naik di atas US$1,14 ke level tertinggi di lebih dari satu tahun, namun dukungan bank sentral terhadap suku bunga pasar yang lebih tinggi terus mendukung greenback.

“Alasan mengapa imbal hasil obligasi AS meningkat adalah mereka mengikuti imbal hasil obligasi Eropa yang lebih tinggi dalam sepekan terakhir,” kata Sam Lynton-Brown, analis BNP Paribas, seperti dikutip Reuters

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami