Internasional

Rupiah Melemah Tipis Menjadi Rp 13.511

BTN iklan

Jakarta/Lei – Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antar bank di Jakarta pada Senin pagi bergerak melemah tipis sebesar 11 poin menjadi Rp13.511, dibandingkan sebelumnya di posisi Rp13.500 per dolar AS.

“Nilai tukar rupiah melemah namun masih terbatas seiring dengan situasi di dalam negeri yang cukup kondusif. Dengan begitu, kondisi itu membuka potensi bagi rupiah untuk berbalik arah ke area positif,” kata Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, Senin.

Ia menambahkan bahwa faktor keamanan dan perekonomian Indonesia yang cukup kondusif akan menjaga fluktuasi mata uang rupiah. Selain itu, meredanya Trump Effect juga akan mendorong pelaku pasar uang kembali melirik aset mata uang berisiko.

“Kami perkirakan laju rupiah masih berpeluang untuk kembali menguat, apalagi sejumlah mata uang di kawasan Asia cenderung terapresiasi.” katanya.

Ia mengatakan bahwa data kerja Amerika Serikat yang bervariasi juga dapat menjadi salah satu faktor penahan bagi laju dolar AS sehingga membuka peluang bagi rupiah untuk terapresiasi.

Vice President Research and Analysis Valbury Asia Securities Nico Omer Jonckheere menambahkan bahwa Bank Indonesia yang masih menjaga perkembangan kurs rupiah akan menjaga volatilitas nilai tukar rupiah sehingga akan bergerak stabil.

“Bank Indonesia yang mendukung langkah pemerintah menjaga keseimbangan antara penguatan peran belanja pemerintah, khususnya proyek infrastruktur akan menjaga stabilitas perekonomian yang akhirnya menjaga stabilitas rupiah,” katanya.

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami