FinansialInvestasi

Rupiah Menguat 17 poin

BTN iklan

Jakarta/Lei – Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Senin pagi, bergerak menguat sebesar 17 poin menjadi Rp13.203, dibandingkan sebelumnya di posisi Rp13.220 per dolar AS.

Fluktuasi nilai tukar rupiah cenderung menguat seiring dengan proyeksi inflasi Maret 2017 yang stabil, kata ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta di Jakarta, Senin.

Ia mengemukakan fokus pasar sedang tertuju pada inflasi dan indeks manufaktur yang dirilis pada hari ini (Senin, 3/4). Tren turun harga pangan serta harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi yang belum diubah menjadi salah satu faktor yang menjaga inflasi stabil.

Kendati demikian, kata dia, apresiasi rupiah dapat dibatasi oleh sentimen “hawkish” The Fed terhadap potensi suku bunga acuan AS yang akan dinaiikan lagi pada tahun ini di tengah meredupnya optimisme kebijakan fiksal Presiden AS Donald Trump.

Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada menambahkan secara tren, laju mata uang rupiah masih ada potensi penguatan, diharapkan sejumlah data-data ekonomi yang sedianya akan dirilis pada pekan ini khususnya dari internal sesuai dengan ekspektasi pasar.

“Dengan begitu, mata uang rupiah dapat mampu melanjutkan apresiasinya terhadap dolar AS,” katanya.

Di sisi lain, kata dia, pemerintah yang akan kembali mengeluarkan paket kebijakan dalam rangka pemerataan ekonomi, diharapkan juga dapat menjaga fluktuasi mata uang rupiah di area positif.

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami