FinansialInvestasi

Rupiah Menguat 34 Poin Sore Ini

BTN iklan

Jakarta/Lei- Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Senin sore, bergerak menguat sebesar 34 poin menjadi Rp13.296, dibandingkan sebelumnya pada posisi Rp13.330 per dolar AS.

Pengamat pasar uang Bank Woori Saudara Indonesia Tbk Rully Nova di Jakarta, Senin mengatakan bahwa data cadangan devisa Indonesia yang mengalami peningkatan pada periode April 2017 menjadi salah satu faktor yang menopang mata uang rupiah terhadap dolar AS.

“Meningkatnya cadangan devisa akan menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depannya,” ujarnya.

Bank Indonesia mencatat, posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir April 2017 sebesar 123,2 miliar dolar AS, lebih tinggi dibandingkan dengan posisi akhir Maret 2017 lalu yang sebesar 121,8 miliar dolar AS.

Rully Nova menambahkan bahwa harga minyak mentah dunia yang relatif stabil juga berimbas positif pada mata uang berbasis komoditas seperti rupiah. Terpantau harga minyak jenis WTI Crude berada di level 46,06 dolar AS per barel, dan Brent Crude di level 48,95 dolar AS per barel.

Research Analyst FXTM, Lukman Otunuga menambahkan bahwa ekonomi Indonesia yang meningkat pada triwulan I 2017 sebesar 5,01 persen, lebih baik dibandingkan periode sama tahun sebelumnya masih direspon positif pasar. Namun, perlu diperhatikan bahwa pertumbuhan itu didorong oleh faktor eksternal.

“Kesehatan ekonomi Tiongkok perlu diperhatikan mengingat negara itu merupakan mitra perdagangan utama Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu, dalam kurs tengah Bank Indonesia (BI) pada Senin ini mencatat nilai tukar rupiah bergerak menguat ke posisi Rp13.324 dibandingkan hari sebelumnya (Jumat, 5/5) Rp13.339 per dolar AS.

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami