FinansialInvestasi

Rupiah Senin Melemah Rp 13.525

BTN iklan

Jakarta/lei – Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Senin pagi, bergerak melemah sebesar 16 poin menjadi Rp13.525 dibandingkan sebelumnya pada posisi Rp13.509 per dolar Amerika Serikat (AS).

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Senin mengatakan bahwa besarnya harapan untuk reformasi pajak di Amerika Serikat mendorong dolar AS terapresiasi terhadap mayoritas mata uang dunia, termasuk rupiah.

“Dolar AS mendapatkan dukungan setelah Senat AS menyetujui cetak biru anggaran untuk tahun fiskal 2018 yang akan membuka jalan melaksanakan rencana pengurangan pajak,” katanya.

Di sisi lain, lanjut dia, Shinzo Abe yang kembali menjadi perdana menteri Jepang turut berpotensi menjadi katalis positif bagi dolar AS seiring pemerintahan Jepang yang masih akan mempertahankan kebijakan moneter longgar.

Ekonom Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih mengatakan bahwa kongres Amerika Serikat menyetujui pemangkasan pajak yang diusulkan oleh Presiden AS Donald Trump.

“Persetujuan itu diperkirakan membuat dorongan ekonomi AS menjadi akan cukup kuat,” katanya.

Ia menambahkan bahwa pasar merespon positif persetujuan itu seiring dengan ekspektasi menguatnya ekonomi AS dengan kebijakan fiskal yang ekspansif.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close