Internasional

Rusia Ancam Geledah Pesawat Maskapai Inggris di Moskow

BTN iklan

MOSKOW (LEI) – Kementerian Perhubungan Rusia mengancam akan membalas tindakan otoritas Inggris yang menggeledah pesawat milik maskapai Aeroflot di Bandara Internasional Heathrow, London. Rusia sebelumnya memprotes tindakan otoritas Inggris yang disebut menggeledah tanpa alasan jelas.

Kementerian Perhubungan meminta penjelesan kepada Inggris atas apa yang sesungguhnya terjadi. Jika tidak ada penjelasan, maka Rusia mengancam akan melakukan hal serupa kepada pesawat-pesawat milik maskapai asal Inggris yang mendarat di bandara.

“Jika tidak ada penjelasan, maka pihak Rusia akan menganggap aksi terhadap pesawat itu ilegal. Kami juga memiliki hak untuk melakukan aksi serupa terhadap maskapai-maskapai Inggris,” ujar Kementerian Perhubungan Rusia dalam pernyataan resmi, mengutip dari Reuters, Minggu (1/4/2018).

Sebagaimana diberitakan, Kedutaan Besar Rusia di London, mengajukan nota diplomatik untuk memprotes penggeledahan terhadap pesawat milik maskapai Aeroflot yang mendarat di Bandara Internasional Heathrow pada Jumat 30 Maret. Menurut pihak kedutaan, tindakan itu sangat ‘luar biasa’.

“Petugas Imigrasi dan Perbatasan sudah menggeledah sebuah pesawat yang melayani penerbangan Aeroflot dengan nomor 2582/2583, Moskow – London – Moskow. Peristiwa ini sungguh luar biasa,” ujar Kedutaan Besar Rusia dalam pernyataan resmi.

“Kedutaan sudah mengirimkan nota diplomatik berisi permintaan agar pihak Inggris memberikan penjelasan atas insiden tersebut,” imbuh pernyataan tersebut.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova menerangkan, otoritas Inggris meminta kru penerbangan, termasuk kapten pilot, untuk meninggalkan pesawat tersebut. Namun, sang kapten menolak meninggalkan pesawat hingga akhirnya dibiarkan terkurung di dalam kokpit.

“Kami mendesak otoritas Inggris untuk berhenti melakukan aksi provokatif dan mengembalikan situasi kepada kerangka kerja yang sah,” ujar Zakharova, melansir dari TASS.

Sementara itu, juru bicara pihak maskapai Aeoroflot menuturkan, tindakan otoritas Inggris itu bertentangan dengan praktik internasional terkait penggeledahan pesawat. Pihak maskapai asal Rusia itu mengaku bingung dengan tindakan Inggris.

“Aeroflot bingung mengingat tidak ada alasan yang diberikan. Selama penggeledahan, pihak Inggris meminta semua kru meninggalkan pesawat dan hanya menyisakan pilot. Meski demikian, pilot terisolasi di kokpit. Aksi itu bertentangan dengan praktik penggeledahan pesawat yang berlaku secara internasional,” terang juru bicara Aeroflot.

Akan tetapi, Kepolisian Metro London membantah adanya penggeledahan itu. Lewat akun Twitter, Kepolisian Metro London mengaku pihaknya tidak melakukan penggeledahan apa pun terhadap pesawat Airbus yang datang dari Moskow itu di Bandara Internasional Heathrow. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami