EkonomiFinansial

Rute Lebak Bulus-Bundaran HI Diusulkan Rp13 Ribu

BTN iklan

Jakarta (lei) – PT Mass Rapid Transit Jakarta (MRT Jakarta) telah mengusulkan besaran tarif MRT rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) sebesar Rp13 ribu kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
Image result for mrt jakarta
Direktur Operasi dan Pemeliharaan MRT Jakarta Agung Wicaksono mengungkapkan besaran tarif yang diusulkan Rp8.500 per 10 kilometer (km) pertama per perjalanan. Setelah melewati 10 km, tarif yang akan dikenakan sebesar Rp700 per km.

“Dari studi, willingness to pay (keinginan membayar) adalah Rp8.500 untuk jarak 10 km. Jadi, berdasar itu, maka kami buat usulan tarif berdasarkan jarak,” ujar Agung dalam Diskusi ‘Kebangkitan Kereta Api Indonesia’ di Jakarta, Kamis (4/10).Dengan panjang rute MRT fase I yang mencapai 16 kilometer, maka total tarif perjalananan MRT dari Lebak Bulus-Bundaran HI mencapai Rp13 ribu per perjalanan.

“Dihitung saja, Rp8.500 untuk 10 km kalau sampai ujung 16 km rata-rata Rp13 ribu (per perjalanan),” ujarnya.

Besaran tarif tersebut, lanjut Agung, telah memperhitungkan subsidi yang diberikan Pemprov DKI. Besaran subsidi ditentukan mempertimbangkan mekanisme alokasi aset yang menjadi porsi MRT Jakarta dan Pemprov DKI Jakarta, mulai dari rel, jembatan, hingga persinyalan. Namun, Agung tak menyebutkan besaran subsidi yang digelontorkan pemerintah. “(Porsi aset) ini masih belum putus, masih bahas aset mana DKI Jakarta atau aset mana akan di MRT Itu menentukan terhadap subsidi,” ujarnya.

Saat ini, besaran tarif masih dikaji oleh Pemprov DKI Jakarta. Keputusan besaran tarif ditargetkan rampung tahun ini.

“Diputuskan Insya Allah tahun ini karena akan diajukan pemerintah ke APBD 2019,” ujarnya.

Sebagai informasi, MRT rute Lebak Bulus – Bundaran HI akan mulai beroperasi pada Maret 2019.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close