LiputanNasional

Sah!! Jokowi Resmi Lantik Menteri Investasi, Mendikbud Ristek, dan Kepala BRIN Baru

BTN iklan

LEI, Jakarta – Presiden Jokowi akhirnya melakukan reshuffle terbatas hari ini, Rabu (28/4). Jokowi hari ini melantik 2 menteri dan satu kepala badan di Istana Negara.

Para menteri yang dilantik adalah Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi, Nadiem Makarim sebagai Mendikbud Ristek, dan Laksana Tri Handoko sebagai Kepala BRIN yang baru. Sebelumnya, Kepala BRIN dijabat oleh Bambang Brodjonegoro.
Pelantikan ini turut dihadiri oleh Wapres Ma’ruf Amin hingga para menteri lain seperti Mensesneg Pratikno dan Seskab Pramono Anung.
Berdasarkan pantauan dari siaran YouTube Sekretariat Presiden, pelantikan dimulai sejak pukul 15.15 WIB.

Pelantikan didasarkan pada Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 71P/2021 tentang Pembentukan dan Pengubahan Kementerian serta Pengangkatan Beberapa Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024, dan Keppres RI Nomor 19M2021 tentang Pengangkatan Kepala BRIN.
Acara pelantikan diawali dengan menyanyikan Indonesia Raya. Kemudian, petugas protokoler Istana membacakan Keppres sebagai dasar pelantikan.

Setelah itu, Nadiem, Bahlil, dan Laksana membacakan sumpah jabatan di hadapan Jokowi dengan didampingi rohaniawan.
“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan, akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” bunyi sumpah jabatan tersebut.

Usai membacakan sumpah jabatan, para menteri dan kepala badan tersebut menandatangani berita acara pelantikan. Setelah itu, Jokowi memberi ucapan selama kepada para pejabat negara yang dilantik, diikuti tamu undangan lainnya.
Seperti diketahui, pelantikan ini merupakan imbas dari perubahan nomenklatur yaitu peleburan Kemristek ke Kemdikbud, pembentukan Kementerian Investasi. Selain itu, BRIN dijadikan lembaga tersendiri.

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami