KesehatanNasional

Ridwan Kamil Salah Satu Relawan dari Vaksin Terbaru

BTN iklan

LEI, Jakarta-Sebanyak 248 orang yang menjadi relawan uji klinis vaksin COVID-19 Sinovac fase tiga telah menjalani penyuntikan. Hal tersebut disampaikan oleh Tim Riset Uji Klinis Vaksin COVID-19 dari Universitas Padjadjaran.

Manajer tim Riset Uji Klinis Vaksin COVID-19 dr Eddy Fadliyana mengatakan, 21 orang diantara 248 relawan telah menajalani penyuntikan vaksin kedua. 1 dari 450 subjek penelitian uji klinis vaksin Sinovac di Bandung terkonfirmasi Covid-19 Usut punya usut pasien Setelah di Suntikan vaksin melakukan aktivitas berpergian ke Semarang yang terindentivikasi bahwa kota itu masih Zona Merah. Dan relawan yang positif disuntikan kembali vaksin karena ditekankan oleh pihak Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 FK Unpad yaitu Kusnadi Rusmil bahwa yang disuntikan adalah virus yang mati, kalau PCR menandakan rekaktif maka virus yang hidup.
“Sebanyak 21 orang sudah disuntik dua kali dan tidak ada gejala yang gawat,” kata Eddy di Bandung, Minggu (30/8/2020), melansir Antara.

Dengan proses uji vaksin yang tengah berjalan ini, Eddy berharap penelitian bisa sesuai dengan harapan karena vaksin baru bisa diproduksi setelah uji klinis telah ditempuh dengan hasil baik.

Sejauh ini, menurut Eddy tidak ada relawan yang mengalami gejala atau reaksi serius setelah disuntik vaksin COVID-19, baik penyuntikan pertama maupun kedua.

Hal yang tidak terduga pun datang dari Gubernur jawa barat. Sejumlah pejabat daerah seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil serta beberapa pejabat lainnya ikut menjadi relawan uji klinis fase tiga vaksin COVID-19 Sinovac.

Ridwan Kamil yang menjalani penyuntikan pertama beberapa hari lalau mengaku agak mengalami pegal-pegal di tubuh setelah diinjeksi.

“Jadi setelah disuntik itu, testimoni pribadi saya ini agak pegal-pegal, ada rasa nyut-nyutan selama lima menit,” ujar pria yang akrab disapa Emil itu.

Ridwan Kamil menjadi salah seorang relawan di antara 1.620 relawan lain yang bakal menjalani penyutikan vaksin. Ribuan relawan itu diperlukan untuk menjadi subjek uji klinis vaksin COVID-19 Sinovac yang rencananya bakal diproduksi massal pada 2021.

 

Kontributor: Dwitya Yonathan Nugraharditama

Sumber : Kompas

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami