Opini

Saling Silang Kewenangan MA dan KY?

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Menanggapi permasalahan saling silang kewenangan Komisi Yudisial (KY) dan Mahkamah Agung (MA) yang saat ini sedang meruncing, yaitu dalam hal kewenangan MA dalam merekrut calon hakim baru. Maka kedua lembaga perlu berkepala dingin dengan melihat apa yang menjadi dasar ‘mengapa saling berebut kewenangan’ tersebut.

Kita bisa lihat dalam Bab IX UUD 1945, UU 22/2004, UU 18/2011, dan UU 48/2009. KY sebagai pengawas terhadap gerak berbagai jabatan hakim sebaiknya tidak berbagi tanggung jawab dengan MA atas manajemen jabatan hakim yang diawasinya.

Pengawasan KY adalah tugas mulia. Bukan untuk mencari-cari kesalahan orang atau lembaga lain, melainkan untuk menjaga agar jangan sampai pemberian dan pelaksanaan jabatan hakim tidak sesuai harapan rakyat banyak. Ditambah lagi dengan uraian inti sari berbagai pasal dalam UUD beberapa UU tersebut diatas dapat menjadi acuan dari dua Lembaga ini.

Dan saya kira perlu diketahui model rekruitmen calon hakim oleh MA melibatkan Menpan dan tenaga akademisi yang sudah ahli dalam bidangnya.


Opini oleh : Dr. Tommy Hendra

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami